Beranda Daerah Wonogiri Unik, Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di SMPN 6 Wonogiri Peserta Dapat Doorprize

Unik, Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di SMPN 6 Wonogiri Peserta Dapat Doorprize

Kesaktian Pancasila
Kolase foto pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di SMPN 6 Wonogiri. Istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM SMPN 6 Wonogiri menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Selasa (1/10/2024).

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila diikuti 783 siswa, 61 guru/karyawan di halaman SMP Negeri 6 Wonogiri. Hari Kesaktian Pancasila tahun ini mengambil tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”.

Selaku petugas upacara adalah pengurus OSIS, binaan Ari Subiyanto, Waka Kesiswaan SMPN 6 Wonogiri, pembina upacara adalah Sutino, guru IPS SMPN 6 Wonogiri.

Dalam pidato sambutannya, Sutino atau Pak Tino, menyampaikan Hari Kesaktian Pancasila adalah hari pengingat bagi seluruh warga Indonesia akan kuatnya ideologi yang sudah dianut selama puluhan tahun.

“Sejarah membuktikan bahwa tidak akan ada satupun hal yang bisa merobohkan Pancasila sebagai landasan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia,” jelas Sutino.

Baca Juga :  Ide Bisnis Menjelang Awal Musim Penghujan, Peluang Menguntungkan yang Perlu Dicoba

Banyaknya peristiwa, godaan yang ingin menggantikan posisi Pancasila. Kenyataannya hingga saat ini kesaktian Pancasila belum tergeserkan,“ imbuh Sutino.

Di akhir sambutannya, Sutino menyampaikan harapan bahwa nilai-nilai luhur yang tercantum dalam Pancasila hendaklah diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan pengamalan sila-sila dari kelima sila Pancasila merupakan cara untuk mempertahankan kesaktiannya. Indonesia akan menjadi negara yang damai, rukun, sejahtera, berakhlak mulia sehingga bisa menggapai Indonesia emas.

Pada akhir rangkaian acara upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila hari ini diakhiri dengan surprise dari pembina upacara, Sutino, yang memberikan doorprize kepada dua siswa, peserta upacara, yang bisa menjawab pertanyaannya. Sutino ingin membuktikan bahwa siswa juga menyimak dengan baik sambutan yang disampaikannya. Aris Arianto