Beranda Edukasi Pendidikan Hari Pertama Kemwil IX Sako Pramuka SIT Jateng Diramaikan Berbagai Lomba Prestasi

Hari Pertama Kemwil IX Sako Pramuka SIT Jateng Diramaikan Berbagai Lomba Prestasi

Acara Kemah Ukhuwah Wilayah (Kemwil) IX Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Sekolah Islam Terpadu (SIT) Jawa Tengah diwarnai dengan berbagai lomba, salah satunya adalah lomba memanah | Foto: Istimewa

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Gelaran hari pertama Kemah Ukhuwah Wilayah (Kemwil) IX Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Sekolah Islam Terpadu (SIT) Jawa Tengah berlangsung meriah dengan berbagai perlombaan dalam kegiatan Ragam Gelar Prestasi, Senin (14/10/2024) di Bumi Perkemahan Specta Merbabu dan Lapangan Sepak Bola Tajuk, Getasan, Kabupaten Semarang.

Ketua Panitia Kemwil IX, Widiyanto, S.Tr.Kom, menyampaikan di hari pertama, perwakilan peserta dari setiap pangkalan gugus depan mengikuti berbagai lomba prestasi.

“Ada beragam lomba yang diikuti oleh perwakilan pangkalan gugus depan/sekolah, baik untuk penggalang SD maupun SMP putra dan putri. Di antaranya Lomba Cerdas Cermat Islami (LCCI), Panahan, Semaphore Morse, Tahfidz, Teknologi Tepat Guna, Hasta Karya, dan Lomba Vlog,” jelas Widiyanto, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Ia menambahkan melalui kegiatan itu, diharapkan peserta dapat meningkatkan daya saing mereka dalam berbagai bidang, termasuk pengetahuan Islam, kemampuan menghafal Al-Quran, keterampilan teknologi, kreativitas, serta kolaborasi. Total peserta yang ikut serta dalam Kemwil IX ini mencapai 2.481 orang.

Baca Juga :  Konsorsium Pendidikan Muhammadiyah Colomadu Kunjungi Kantin Sehat SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Solo. Ada Apa?

Kegiatan Ragam Gelar Prestasi terbukti mampu memacu semangat kompetisi para peserta. Salah satu peserta lomba hasta karya dari Pangkalan Gugus Depan SDIT Nur Hidayah Surakarta, Syakira Hanin Daiyyah, berbagi kesan positifnya.

“Saya senang bisa ikut lomba hasta karya. Lomba ini unik dan menantang. Saya membuat kostum pasukan janissari Muhammad Al Fatih dari kardus bekas. Selain melatih kreativitas, ini juga menjadi kesempatan untuk mengenal lebih dekat tokoh Islam legendaris penakluk Konstantinopel,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Sako Pramuka SIT Jawa Tengah, Kak Priyono, memaparkan agenda di hari pertama yang berfokus pada perlombaan antar pangkalan gugus depan jenjang SD dan SMP. “Pada malam hari, peserta akan disuguhi Konser Kemanusiaan Peduli Palestina bersama Group Nasyid Azzam Haroki. Sedangkan upacara pembukaan resmi Kemwil IX akan diadakan pada hari kedua, Selasa (15/10) di Lapangan Sepak Bola Tajuk, Getasan,” terang Kak Priyono. Suhamdani