JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Karanganyar Akan Miliki Gedung Pusat Budaya Megah Tahun Ini. Pemerintah Anggarkan Rp 20 Miliar

Ketua DPRD Karanganyar, Bagus Selo. Foto: JSNews/Indra
   

 

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM –Ketua DPRD Karanganyar, Bagus Selo berharap dengan dianggarkannya pembangunan Gedung Wanita menjadi Centre of Culture Building atau pusat budaya diharapkan terealisasi pada kwartal kedua tahun 2022. Pasalnya anggaran sudah digedok pada APBD 2022 sehingga tinggal menunggu tahapan menuju pengerjaan fisik.

 

“Progres infrastruktur tahun 2022 yang menonjol adalah realisasi pembangunan Gedung Wanita Karanganyar sebesar Rp 20 miliar,” ungkapnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Senin (3/1/2022).

 

Menurut Bagus Selo format pembangunan gedung tersebut adalah menyatu fungsinya dengan bangunan gedung teater yang berada di sebelah baratnya yakni berfungsi untuk fasilitas budaya.

 

Dengan demikian Karanganyar akan memiliki bangunan pusat budaya yang aktif. “Selain sebagai ruang publik, fungsi gedung wanita mendatang akan menunjang terkoneksi dengan gedung teater untuk kegiatan budaya,” tandasnya.

 

Lebih lanjut Bagus Selo yang juga Ketua DPC PDIP Karanganyar itu menjelaskan anggaran itu sempat terpending selama dua tahun karena covid 19. Namun pada APBD 2022, DPRD dengan Bupati berkomitmen agar pemugaran gedung wanita itu bisa terealisasi. “Ya syukur tidak sampai pertengahan tahun gedung itu sudah jadi,” ujarnya.

 

Sementara itu Bupati Karanganyar Juliyatmono MM mengatakan ada dua tahap pada rencana pembangunan gedung wanita itu. Pertama penghapusan gedung dan kedua pembangunan gedung.

 

“Kami sudah memerintahkan OPD terkait untuk segera lelang penghapusan gedung dan diikuti lelang pembangunan gedung,” ungkapnya kepada wartawan, akhir pekan lalu.

 

Menurut Juliyatmono pihaknya akan menyulap bangunan serta fungsi gedung yang akan dibangun berkharakter budaya yakni saling terintegrasi dengan gedung teater. Untuk itu dibutuhkan desaign gedung yang benar-benar modis sebagai fasilitas kegiatan budaya.

 

“Kami ingin model gedung itu menjiwai fungsinya sehingga bentuknya non konvensional dan menarik publik,” pungkasnya. (Beni Indra)

 

 

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com