JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Wonogiri Akhirnya Punya Satlinmas Perempuan

Wabup Edy Santosa menyalami anggota Satlinmas perempuan peserta Latsar.
   
Wabup Edy Santosa menyalami anggota Satlinmas perempuan peserta Latsar.

WONOGIRI–Sedikitnya 100 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dari 13 Kecamatan di Wonogiri mengikuti Latihan Dasar (Latsar). Sebagian dari mereka merupakan Satlinmas perempuan.

Latsar digelar selama dua hari, Rabu-Kamis (1-2/8/2018).  Kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari kegiatanpembekalan ilmu, pengetahuan,dan ketrampilan bagi segenap anggota Satlinmas dalam ikut serta memelihara keamanan, ketentraman, dan ketertiban masyarakat.

“Linmas idealnya berusi 25 tahun ke bawah, tapi saya lihat ini banyak yang sudah berusia di atas 25 tahun, bahkan yang sepuh masih ada yang mau jadi Linmas. Artinya apa? Artinya panjenengan semua sungguh luar biasa dan berkomitmen tinggi dalam melu handarbeni dan melu hangrungkepi Kabupaten Wonogiri,” tandas Wakil Bupati Wonogiri, Edy Santosa, saat membuka Latsar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Selasa (1/8/2018).

Wabup menyampaikan apresiasinya kepada para Linmas yang dengan semangat, tulus ikhlas telah memberikan darma bhaktinya melaksanakan tugas-tugasdalam pengamanan Pemilihan Gubernur Jawa Tengah beberapa waktu lalu. Selama iniLinmas kadang dianggap hanya berfungsi membantu kegiatan sosial kemasyarakatan, seperti hajatan, kematian, dan jaga jalan.

Baca Juga :  Bambu Tumbang Menghalangi Jalan Desa Ngaglik Bulukerto Wonogiri

“Selama ini Linmas seperti disepelekan tidak punya peran. Padahal Linmas berperan penting menjaga ketentraman dan ketertiban, membantu upaya pertahanan negara, Linmas ini terlibat di dalamnya. Sungguh luar biasa dalam menyuport dan membantu penyelenggaraan di Pemkab Wonogiri,” imbuh Wabup.

Wabup juga menyampaikan permintaan maafnya karena di sisi lain belum bisa memberikan hak-haknya secara maksimal. Utamanya untuk mendapatkan fasilitas, sarana dan prasarana penunjang tugas operasional, biaya santunan apabila terjadi kecelakaan tugas dan uang duka apabila meninggal dunia.

“Ada 8165 anggota Linmas di Wonogiri, mohon maaf sekali kalau Pemkab belum bisa memberikan kesejehteraan yang lebih baik, padahal komitmen yang diberikan sungguh luar biasa dalam menjalankan tugas,” jelas Wabup.

Baca Juga :  Kejuaraan Pencak Silat PSHT Championship National Student Series, 3 Srikandi SMPN 1 Selogiri Wonogiri Rebut Medali

Sementara Kepala Satpol PP Wonogiri, Waluyo, selaku penanggungjawab kegiatan, menyampaikan tahun ini menjadi luar biasa karena keikutsertaan kaum hawa menjadi anggota Linmas.

“Saat ini saja ada 30 perempuan jadi ikut jadi Linmas. Ini baru pertama kalinya terjadi di Wonogiri, karena kami memang kami yang meminta sebagai wujud kesetaraan gender,” jelas dia.

Ditambahkan, Latsar kali ini merupakan angkatan I, Linmas dari Kecamatan lain  akan diikutsertakan dalam angkatan II yang digelar 28-29 Agustus 2018. Materi Latsar meliputi bela negara, penanggulangan bencana, ketenteraman umum, baris berbaris, kesehatan jasmani, dan lainnya.

Harapannya, setelah mengikut Latsar ini, anggota Linmas menjadi lebih percaya diri sebagai ujung tombak keamanan di daerahnya. Terlebih lagi, disiplin, loyalitas, dan dedikasi makin meningkat. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com