Pria Ini Dikurung 10 Hari Tanpa Makan Minum, Tak Juga ke Toilet, Tapi Baik-baik Saja

   
Prahlad Jani/Tribunnews

Bagi orang awam, sehari tidak makan atau minum merupakan siksaan luar biasa. Belum lagi jika seharian penuh dilarang buang air kecil atau BAB di toilet, apa yang akan terjadi?

Tapi bagi lelaki asal India ini, dikurung 10 sampai 15 hari tanpa aktivitas makan, minum atau ke toilet, nyatanya tetap segar bugar.

Dia adalah Prahlad Jani, seorang Shadhu atau  petapa sakti yang mengaku telah memilih jalan Shadhu sejak usia 11 tahun. Dia mengaku mendapat wahyu agama dan menjadi pengikut Hindu Goddes Amba.

Dia adalah salah satu dari para Shadu di India yang lebih memilih jalan hidupnya sendiri, menjauhi hal-hal duniawi demi mendekatkan diri pada Sang Pencipta. Tujuan yang hendak dicapai adalah menuju Moksha, yakni menyatu dengan Sang Pencipta.

Dalam upaya untuk mencapai tujuan hidup menuju Moksha atau menyatu dengan sang pencipta, beberapa umat Hindu biasanya menjalani Monasistisisme.

Monasistisisme merupakan praktik keagamaan di mana seseorang menyangkali tujuan-tujuan duniawi dengan maksud agar dapat membaktikan hidupnya semata-mata bagi karya rohani.

Beberapa orang menjani hidup sebagai kaum Monastik di sebuah biara, dan beberapa lagi menjalani hidup nya dengan mendekat ke alam semesta, dan menjauh dari keramaian duniawi.

Mengembara dari satu tempat ke tempat lain, menggantungkan hidup pada anugerah Tuhan belaka. Mendermakan makanan atau keperluan lain hingga menjadi Sadhu diyakini umat Hindu sebagai suatu kebajikan besar.

Para Sadhu biasanya tidak dizinkan untuk memiliki harta benda kecuali alat pribadi seperti kaca mata dan pakaian, dan beberapa lagi sudah meninggalkan kebendaan material seperti kehidupan.
Sadhu Agori yang hidup dengan meninggalkan kemanusiaannya dan menyatu dengan semesta dengan cara radikal dan kontroversial, namun Sadhu Agori bukanlah satu-satunya Sadhu yang terkenal di India.

Masih banyak Sadhu lain untuk mendekatkan diri pada moksa, salah satunya adalah pertapa tua yang mengaku berpuasa hingga 70 tahun.

Prahlad Jani, seorang Shadhu, seorang petapa sakti yang mengaku telah memilih jalan Shadhu sejak usia 11 tahun, mengaku mendapat wahyu agama dan menjadi pengikut Hindu Goddes Amba.

Kisahnya yang paling menarik adalah saat ia mengaku telah berpuasa selama 70 tahun, tanpa makan, tanpa minum, dan masih bertahan hidup.

Ia dibesarkan di sebuah desa di Distrik Mehsana, meninggalkan duniawi sejak masih belia dan pergi ke hutan untuk mencari sang pemilik semesta.

Kepergiannya bahkan tanpa membawa bekal, hingga sebuah penelitian medis pernah dilakukan untuk membuktikan kebenaran ucapan Prahlad Jani.

Pada tahun 2003, Jani dirawat di rumah sakit dan belajar selama 10 hari. Peneliti menempatkannya di sebuah ruangan yang disegel dan di bawah pengawasan konstan.

Menurut laporan, dia tidak meminta untuk pergi ke toilet sama sekali selama dia tinggal, dan dokter menyatakan bahwa urine itu tampaknya diserap kembali oleh tubuhnya setelah terbentuk di kandung kemihnya.

Para peneliti mencatat bahwa Jani tidak memiliki luka fisik, dan sehat. Satu-satunya kelainan yang mereka temukan adalah lubang di langit-langit mulutnya.

Dr. Urman Dhruv, Sekretaris Jenderal Asosiasi Dokter Ahmedabad , yang mengawasi studi klinis menyatakan, “Prahad Jani tidak mengambil apa-apa, baik cairan, maupun air, atau makanan selama 10 hari dalam proyek kami, dan Jani tidak melewatkan air kencing atau tinja selama 10 hari ini “.

Meski hal ini sulit dinalar akal sehat nyatanya masih banyak yang tidak meyakini kebenaran Prahad Jani ini lalu pada 2010 ia juga sempat menjalani tes serupa.

Dia diteliti lain oleh Dr. Sudhir Shah dan sebuah tim yang terdiri dari 35 peneliti (DIPAS) India mereka sangat ingin memahami kemampuannya, dan ingin mengetahui apakah mereka dapat belajar sesuatu dari Jani untuk keperluan militer.

Sejumlah penelitian sekali lagi dilakukan termasuk tes darah dan pemindaian tubuh. Sekali lagi, Jani berada di bawah pengawasan dua puluh empat jam.

Selama lima belas hari, Jani tidak Makan, minum air dan dia juga tidak pergi ke toilet, dan para periset melaporkan bahwa semuanya baik-baik saja dengannya.

Para ilmuwan bahkan menggambarkan dia memiliki kesehatan yang jauh lebih baik daripada orang lain yang memiliki setengah usianya. 

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com