loading...
Loading...
Hargiyanto. Foto/Wardoyo

SRAGEN- Kepala Dinas Kesehatan (DKK) Sragen, Hargiyanto mengimbau masyarakat untuk memperhatikan higiene bahan makanan maupun sayuran. Hal itu diperlukan untuk mencegah kemungkinan keracunan seperti yang terjadi di Dukuh Kalioso, Jetiskarangpung, Kalijambe.

“Himbauan kami, masyarakat harus memahami bagaimana membuat masakan yang sehat dan menyajikannya. Harus tahu bahan makanan atau sayuran yang segar dan menyajikannya dengan segar pula,” paparnya Kamis (30/8/2018).

Baca Juga :  Miris, Belasan Siswa SMPN di Sragen Tertangkap Simpan Video Asusila. Satpol PP Amankan 49 HP Siswa dalam 2 Hari 

Ia mengatakan kunci masakan sehat itu selain bahannya segar dan sehat,air yang digunakan untuk memasak jyga harus sehat dan segar.

Kemudian masyarakat juga perlu mengenali makanan yang sudah kedaluarsa. Cirinya sudah asam, berlendir dan warga berubah.

Baca Juga :  Diwarnai Tangis Haru, Almarhum Bripka Kurniawan Dimakamkan dengan Prosesi Upacara Kedinasan. Almarhum Tinggalkan 3 Putra Masih Kecil 

“Jangan masaknya malam disajikan pagi hari. Kadang itu sudah berlendir, asam dan berubah warnanya. Kalau sudah ada tanda seperti itu harus waspada. Itu yang bisa memicu keracunan,” terangnya.

Sementara, terkait kasus keracunan di Jetiskarangpung, ia memastikan semua pasien sudah tertangani. Sebagian besar juga sudah membaik dan pulang.

Baca Juga :  Dulu Disalahkan, Kini Petani Resmi Boleh Pakai Gas Elpiji Subsidi untuk Diesel Pertanian. Kementerian ESDM Malah Bantu 350 Mesin Berbahan Bakar Gas 

“Untuk penyebabnya masih menunggu hasil ujilab dari BLK Semarang. Segera nanti kita minta hasil labnya,” tandasnya. Wardoyo

Loading...