loading...
Hargiyanto. Foto/Wardoyo

SRAGEN- Kepala Dinas Kesehatan (DKK) Sragen, Hargiyanto mengimbau masyarakat untuk memperhatikan higiene bahan makanan maupun sayuran. Hal itu diperlukan untuk mencegah kemungkinan keracunan seperti yang terjadi di Dukuh Kalioso, Jetiskarangpung, Kalijambe.

“Himbauan kami, masyarakat harus memahami bagaimana membuat masakan yang sehat dan menyajikannya. Harus tahu bahan makanan atau sayuran yang segar dan menyajikannya dengan segar pula,” paparnya Kamis (30/8/2018).

Baca Juga :  Usai Jemput Pasien Positif Covid-19, Petugas Medis di Sragen Malah Diberondong Teror dan Ancaman. Bikin Para Petugas Resah dan Ketakutan

Ia mengatakan kunci masakan sehat itu selain bahannya segar dan sehat,air yang digunakan untuk memasak jyga harus sehat dan segar.

Kemudian masyarakat juga perlu mengenali makanan yang sudah kedaluarsa. Cirinya sudah asam, berlendir dan warga berubah.

“Jangan masaknya malam disajikan pagi hari. Kadang itu sudah berlendir, asam dan berubah warnanya. Kalau sudah ada tanda seperti itu harus waspada. Itu yang bisa memicu keracunan,” terangnya.

Baca Juga :  Update Corona Sragen 28 Mei, Pasien Sembuh Bertambah, Tapi Satu PDP Kembali Meninggal. ODP Turun 3 Orang dan 1 Positif Berhasil Sembuh, Total 17 Meninggal Dunia

Sementara, terkait kasus keracunan di Jetiskarangpung, ia memastikan semua pasien sudah tertangani. Sebagian besar juga sudah membaik dan pulang.

“Untuk penyebabnya masih menunggu hasil ujilab dari BLK Semarang. Segera nanti kita minta hasil labnya,” tandasnya. Wardoyo