loading...

Undian babak penyisihan Liga Champions akan dilaksanakan pada Kamis 30 Agustus 2018 mendatang. Sebanyak 36 tim akan memulai kompetisi tertinggi di Eropa itu pada September mendatang.

Akhir bulan ini atau tepatnya Kamis (30/8/2018) akan diadakan undian babak penyisihan Liga Champions. Sebanyak 32 tim dari negara-negara di Eropa akan memulai kompetisi tertinggi di Eropa itu pada September mendatang.

Sebanyak 26 klub telah memastikan posisinya di babak penyisihan Liga Champions sementara enam tempat lainnya masih akan diperebutkan oleh 12 tim melalui laga play-off kedua Rabu besok.

Empat tim teratas musim 2017-2018 dari empat liga terbaik di Eropa (Spanyol, Inggris, Jerman dan Italia) tak harus melewati babak play-off. Mereka ditemani oleh tiga wakil dari Prancis, dua wakil Rusia, satu wakil Portugal, Ukraina, Turki, Belgia, dan Republik Ceko untuk lolos secara otomatis.

Spanyol yang musim lalu merajai Liga Champions melalui Real Madrid dan Liga Eropa melalui Atletico Madrid tak mendapatkan tambahan jatah tim. Hal itu dikarenakan adanya peraturan baru dari Badan Sepak Bola UEFA.

Baca Juga :  Piala Indonesia, Ricuh Pertandingan PS Tira Vs PSIM Jogja Dihentikan

Dalam aturan baru itu disebutkan bahwa jika juara bertahan telah lolos melalui jalur liga domestik maka satu tempat akan diberikan kepada juara di negara yang kompetisi liganya berada di posisi ke-11 berdasarkan koefisien yang UEFA tetapkan. Karena Real Madrid menduduki posisi ketiga di Liga Spanyol musim lalu, maka satu tempat diberikan UEFA kepada juara di Liga Republik Ceko.

Demikian juga dengan juara Liga Eropa. Jatah juara Liga Eropa diberikan kepada klub yang berada di peringkat ketiga dari negara rangking kelima berdasarkan koefisien UEFA, yaitu Prancis. Dengan begitu, Spanyol tak mendapatkan jatah lima klub seperti Inggris musim lalu dimana Manchester United menjuarai Liga Eropa dan hanya duduk di luar empat besar klasemen akhir Liga Inggris musim 2016/2017.

Berikut daftar 26 tim yang lolos ke babak penyisihan grup Liga Champions:

Spanyol : Real Madrid, Atlético Madrid, Barcelona, Valencia
Inggris : Manchester City, Manchester United, Tottenham Hotspur, Liverpool
Jerman : Bayern München, Borussia Dortmund, Schalke, Hoffenheim
Italia : Juventus, Napoli, Roma, Internazionale Milano
Prancis : Paris Saint-Germain, Lyon, Monaco
Rusia : Lokomotiv Moskva, CSKA Moskva
Porto : Porto
Ukraina : Shakhtar Donetsk
Turki : Galatasaray
Belgia : Club Brugge
Republik Ceko : Viktoria Plze

Baca Juga :  Piala Indonesia, Ricuh Pertandingan PS Tira Vs PSIM Jogja Dihentikan

Selain 26 tim tersebut, masih ada 6 tempat lainnya yang masih akan diperebutkan oleh 12 tim yang bertarung di laga kedua play-off Liga Champions Rabu dan Kamis besok. Berikut 6 laga play-off tersebut:

Dynamo Kyiv vs Ajax Amsterdam (Ajax unggul agregat laga pertama 1-3)
AEK Athens vs Vidi FC ( 2-1 )
Dinamo Zagreb vs Young Boys (1-1)
PAOK FC vs Benfica (1-1)
PSV Eindhoven vs BATE Borisov (3-2)
RB Salzburg vs Crvena Zvezda (0-0)

Dalam pengundian nanti, 32 tim yang memastikan tempat di babak penyisihan Liga Champions akan dibagi menjadi 4 kategori. Kategori pertama terdiri dari juara bertahan, juara Liga Eropa musim lalu serta enam juara liga dari enam negara dengan peringkat kompetisi tertinggi di Eropa (Inggris, Spanyol, Italia, Jerman, Prancis dan Rusia). Sementara kategori kedua hingga keempat akan ditentukan berdasarkan rangking tiap klub yang dihitung dengan koefisien yang ditetapkan UEFA.

Baca Juga :  Piala Indonesia, Ricuh Pertandingan PS Tira Vs PSIM Jogja Dihentikan

Setiap kategori itu akan berisi delapan tim, sesuai dengan jumlah grup yang ada di babak penyisihan. Meskipun demikian, UEFA juga telah menambahkan aturan bahwa tim dari satu negara tak boleh berada dalam satu grup di babak penyisihan Liga Champions kali ini. Aturan lengkap soal undian baru akan ditetapkan sebelum undian berlangsung.

www.tempo.co


Loading...