JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Jelang Hari Pahlawan, Puluhan Napi Lapas Sragen Dikerahkan Bersihkan Makam Para Pahlawan. Puluhan Pendekar dan Komunitas Tergerak Ikut Membantu 

Kerjabakti membersihkan makam para pahlawan di TMP Manding Sragen Tengah, Sragen, Jumat (9/11/2018). Foto/Wardoyo
Kerjabakti membersihkan makam para pahlawan di TMP Manding Sragen Tengah, Sragen, Jumat (9/11/2018). Foto/Wardoyo

SRAGEN- Puluhan napi Lapas Kelas II A Sragen berbaur mengikuti kerja bakti membersihkan Taman Makam Pahlawan (TMP) Manding, Sragen Tengah, Jumat (9/11/2018). Gerakan kerja bakti itu digelar sebagai wujud kepedulian Lapas menjelang peringatan Hari Pahlawan 10 November besok.

Menariknya, kegiatan yang diprakarsai Kalapas Yosef Benyamin Yembise itu mendapat atensi positif hingga mampu menggerakkan puluhan anggota berbagai elemen untuk ikut membantu.

Tercatat ada Satpol PP, Kodim, Polres, PSHT, IKSPI, Pepabri, FKPPI, PPI hingga komunitas Artis Sukowati.

“Sengaja kita gerakkan tim kita dari warga binaan, darma wanita dan petugas untuk melakukan bakti masyarakat dengan membersihkan TMP ini. Karena menjelang Hari Pahlawan, akan banyak kegiatan yang digelar di Taman Makam Pahlawan ini. Sehingga setidaknya dengan kerjabakti ini bisa membuat tempat ini menjadi bersih dan lebih nyaman untuk kegiatan Hari Pahlawan,” papar Kalapas Yosef Yembise di sela kegiatan.

Baca Juga :  Menangi Kontes Busana Jawa, Intan Thomas Dinobatkan Jadi Wanita Teranggun di Kabupaten Sragen. Ketua GOW Ajak Nguri-Uri Busana Kebaya

Kerjabakti digelar menyeluruh. Mulai dari halaman masuk TMP, pelataran hingga lokasi makam semua pahlawan. Menurut Yosef, kegiatan itu merupakan kelanjutan dari program bakti masyarakat yang selama ini sudah digeber Lapas Sragen sejak kepemimpinannya tiga bulan silam.

Baca Juga :  Cetak Sejarah, MTsN 4 Sragen Jadi Madrasah Pertama yang Raih Juara Adiwiyata dan Inovasi LH. Kasek Sumanto Beber Kunci Rahasianya!
Kalapas Sragen, Yosef Yembise saat berpose bersama usai kerjabakti. Foto/Wardoyo

Selain mempererat kebersamaan internal, kegiatan itu diharapkan bisa mendidik warga binaan untuk bersosialisasi sehingga lebih siap ketika terjun ke masyarakat jika bebas kelak.

“Ini juga sekaligus sebagai wujud implementasi bagaimana kita melanjutkan cita-cita pahlawan untuk membangun bangsa dan negara. Meskipun hanya lewat membersihkan lingkungan dan fasilitas publik,” tandasnya.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua