JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Lotion Anti Nyamuk Ciptaan Mahasiswa UNY Ini Berbahan Daun Biduri

Tribunnews
   
Tribunnews

SLEMAN, JOGLOSEMARNEWS.COM
Lotion anti nyamuk merupakan salah satu obat anti nyamuk yang efektif untuk digunakan mengusir nyamuk.

Lotion berfungsi mencegah gigitan nyamuk serta aman untuk kulit. Akan tetapi, tidak semua produk lotion anti nyamuk aman untuk kulit.

Oleh karena itu, lima mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuat suatu produk lotion anti nyamuk dengan menggunakan ekstrak Daun Biduri (Calotropis Gigantea) yang dapat mencegah gigitan nyamuk.

Produk yang diberi nama Caleation (Calotropis gigantea lotion) ini diciptakan oleh Andi Kurnia, Qonitah, Khoirriyah Widyasari, Khusnul Muthohharoh dan David Suryo Negoro.

Ketua Tim Andi Kurnia menuturkan ekstrak Daun Biduri terbukti dapat mengusir nyamuk dan dapat mengusir serangga seperti tungau, kecoa, dan lain- lain.

Baca Juga :  DKV ISI Surakarta Gelar Rakor Bahas Sebaran Mata Kuliah Tahun Ajaran 2024/2025

“Produk ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan produk lotion lainnya yaitu menggunakan bahan baku alami dan juga aman untuk digunakan,” ujarnya Kamis (27/6/2019).

Selain untuk mencegah kulit dari gigitan nyamuk, Caleation juga dapat mengatasi kulit kusam.

Adapun bahan-bahan pembuatan Caleation yakni estrak Daun Biduri, Asam Stearat, Vco, Lanolin, Cetyl Alkohol, Gliserol, TEA, Aquades, dan pewangi.

Sedangkan untuk proses pembuatan Caleation terdiri dari dua fase yaitu fase minyak dan fase air.

“Fase minyak proses melarutkan bahan-bahan yang mengandung minyak, sedangkan untuk fase air memanaskan bahan yang tidak mengandung minyak. Jadi kami memisahkan fase minyak dan fase air agar semua bahan dapat tercampur rata dan homogen,” tuturnya.

Baca Juga :  Siswa Siswi Kelas 4 SDIT Nur Hidayah Surakarta Ikuti Halal Bi Halal dan Sungkeman

Selanjutnya kedua campuran bahan itu menjadi satu dan setelah homogen baru ditambahkan ekstrak, air beras, dan pewangi.

Untuk pembuatan lotion sendiri membutuhkan waktu sekitar 1 jam jika sudah ada ekstrak Daun Biduri. Tapi untuk proses pembuatan ekstrak Daun Biduri cukup lama karena harus menjemur daunnya sampai kering, kurang lebih enam hari,” kata dia.

Produk Caleation ini memiliki ukuran yang sangat travel friendly, sehingga mudah untuk digunakan dan dibawa ke mana-mana.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com