JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Unik, Polres Sukoharjo Gelar Lomba Bongkar Pasang Senapan dengan Mata Tertutup

Lomba bongkar pasang senapan dengan mata tertutup di Mapolres Sukoharjo.
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Lomba bongkar pasang senapan dengan mata tertutup di Mapolres Sukoharjo.

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Polres Sukoharjo menggelar lomba bongkar pasang senapan di Halaman Parkir Kendaraan Dinas Polres Sukoharjo, Jumat (21/6/2019).

Kegiatan itu bertujuan meningkatkan kemampuan personil dalam penguasaan senjata api jenis laras panjang, sekaligus memeriahkan HUT Bhayangkara ke-73.

Lomba diikuti oleh 26 personil dari seluruh jajaran Polsek. Masing masing polsek mengirimkan 2 personil ditambah dari personil Sat Sabhara.

Kasat Sabhara AKP Thourakhman, Sabtu (22/6/2019), mengatakan ada 2 jenis lomba yang digelar. Yakni bongkar pasang senjata dengan mata terbuka dan dengan mata tertutup. Untuk jenis senjata yang digunakan dalam lomba adalah senapan laras panjang jenis V2.

Baca Juga :  Duh, Hampir Tembus 300, Jumlah Kasus Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Sukoharjo Mencapai Angka 296

“Lomba ini selain untuk merayakan HUT Bhayangkara ke-73 juga melatih serta meningkatkan keterampilan personil dalam penguasaan senjata api khususnya laras panjang,” kata dia.

Kegiatan itu, jelas dia, perlu dilaksanakan secara rutin agar para personil tidak lupa ilmu kepolisian khususnya penggunaan senjata api. Terlebih personil yang sudah di tempatkan di Polsek.

“Karena saat mereka sudah ditempatkan di Polsek akan sangat jarang sekali menggunakan senjata api. Jadi lomba ini juga bisa sebagai penyegaran tentang pengusaaan senjata api,” ujar dia.

Baca Juga :  Optimis Lur, Jumlah Pasien Sembuh dari COVID-19 di Sukoharjo Melonjak Menjadi 235 Orang, Kasus Positif Tambah 1

Meskipun semua personil yang mengikuti lomba bisa menyelesaikan semua tahapan, tetap ada saja personil yang kesulitan terutama yang sudah berumur.

Bripka Bambang peserta perwakilan dari Polsek Bulu mengatakan kesusahannya dalam merakit senjata saat mata tertutup. Selain harus sudah mengenali betul jenis senjata, mesti mengandalkan perasaan. Haryanto