JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Siswa SD Kemasan 2 Surakarta Antusias Praktik Liputan

madu borneo
madu borneo
madu borneo

Siswa SD Kemasan 2 tengah wawancara dan mengambil foto di Puskesmas Kratonan / Joglosemarnews

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak 28 orang siswa kelas V SD Kemasan 2 Surakarta mengikuti praktik liputan dalam kegiatan ekstrakurikuler Jurnalistik, Rabu (23/10/2019) siang.

Dalam formasi kelompok, mereka diberi tugas oleh guru pendamping jurnalistik untuk melakukan wawancara dengan beberapa narasumber.

Kegiatan yang baru pertama kali mereka lakukan tersebut, tampak membuat anak-anak itu sangat gembira dan antusias.

Beberapa narasumber yang mereka temui adalah Kepala Puskesmas Kratonan, drg Budiwati, Lurah Kratonan, Satpol PP, para pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang jalan depan sekolah, kepala perpustakaan sekolah Esti Sarirani, S.Pd. serta Kepala SD Kemasan 2 Surakarta, Sri Yanti, S.Pd., M.Pd.

Tak ubahnya seperti para wartawan sungguhan, mereka melakukan wawancara dengan narasumber yang telah ditentukan. Sementara siswa yang bertugas sebagai fotografer mengambil gambar dari berbagai angle.

Baca Juga :  Calon Wisudawan Unisri Ikuti Personality Excellent

“Praktik liputan ini, meski sederhana sangat penting untuk mengasah mental, keberanian dan daya kritis para siswa,” ujar Didik Kartika selaku pengampu ekstra Jurnalistik SD Kemasan 2 Surakarta.

Didik mengakui, hasil dari liputan para siswa tersebut boleh jadi masih jauh dari standar. Namun, tegas Didik, tujuan praktik liputan tersebut selain melatih skill menulis, juga untuk melatih mental siswa.

“Contohnya, dengan anak berani bertanya, maka hal itu akan bermanfaat bagi anak saat mengikuti mata pelajaran lainnya,” ujarnya.

Kepala Puskesmas Kratonan, drg Budiwati mengapresiasi kegiatan wawancara jurnalistik anak-anak tersebut.

Kegiatan itu menurutnya sangat positif untuk mendorong anak-anak berani dan kreatif.

“Memang ini tadi masih sedikit gagap dan suaranya kurang keras. Tapi untuk tahap awal sudah bagus,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SD Kemasan 2 Surakarta, Sri Yanti SPd., M.Pd. mengatakan bahwa ekstrakurikuler jurnalistik ini merupakan kegiatan dalam rangka mensukseskan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SDN Kemasan 2 Surakarta.

Baca Juga :  3 Mahasiswa UNS Sulap Minyak Nyamplung Jadi Obat Luka Bakar

Kegiatan itu sudah dilaksanakan mulai tahun pelajaran 2018/2019 yang saat ini sudah menghasilkan buku antologi cerpen berjudul Pasukan Semut.

“Cerpen ini merupakan cerpen yg bertemakan tentang lingkungan sebagai bagian dari implementasi sekolah Adiwiyata,” ujar Sri Yanti kepada Joglosemarnews.

Lebih lanjut ia berharap, dengan kegiatan jurnalistik tersebut, para siswa dapat mengembangkan bakat dan minat dalam menulis dan berliterasi.

“Ke depan kegiatan ini kita harapkan dapat menghasilkan produk berupa hasil laporan kegiatan jurnalistik baik hasil liputan maupun tulisan berupa karya cerpen atau puisi dan lain-lain. Sehingga siswa memiliki kebanggaan atas karya mereka,” ujarnya berharap. Suhamdani