JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Jokowi Perintahkan Segera Evakuasi WNI dari Hubei China

Mahasiswa Indonesia usai berbelanja di Kota Wuhan, Hubei, China / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya memerintahkan untuk segera mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang ada di Provinsi Hubei, Cina.

Sebagaimana diketahui, Hubei merupakan sebuah provinsi di mana Kota Wuhan berada dan menjadi awal penyebaran virus corona.

“Tadi Bapak Presiden sudah memerintahkan agar evakuasi WNI Provinsi Hubei dilakukan segera,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai pertemuan dalam keterangan tertulis Sekretariat Presiden yang diterima Tempo Kamis (30/1/2020).

Keputusan ini diambil oleh Presiden setelah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Selain itu, Jokowi juga bertemu Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, dan Kepala BNPB Doni Monardo di ruang tunggu Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis sore, 30 Januari 2020.

Sebelum bertemu Jokowi, para menteri menggelar rapat di Gedung Utama Kementerian Sekretariat Negara. Rapat dimulai pukul 13.00 WIB hingga 14.30 WIB. Usai rapat, mereka meninggalkan Istana untuk menuju ke Bandara Halim Perdanakusuma, untuk melapor pada Jokowi.

Dari keterangan KBRI Beijing terakhir, saat ini terdapat 243 WNI di 7 lokasi termasuk kota Wuhan di Provinsi Hubei, Cina. KBRI masih terus berkomunikasi dengan mereka. Mereka menyebut secara umum kondisi para WNI ada dalam kondisi baik, dan kebutuhan sehari-hari masih terpenuhi.

www.tempo.co

Baca Juga :  Jokowi Kunjungi Bobby Nasution di Medan, Simbol Dukungan di Pilgub 2024? Ini Tanggapan Ngabalin
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com