JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

5 PNS Solo Dinyatakan Positif Corona, 4 Puskesmas Pembantu Langsung Ditutup

Ilustraasi tenaga medis. Pixabay
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemkot Solo menutup empat Puskesmas Pembantu (Pustu) setelah lima aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) Pemkot Solo yang bekerja sebagai tenaga medis (nakes) dinyatakan positif Corona. Penutupan direncanakan mulai hari ini, Selasa (2/6/2020).

Keempat Pustu tersebut yaitu Pustu Mojosongo I, Pustu Mojosongo II, Pustu Semanggi I dan Pustu Semanggi II. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo Siti Wahyuningsih, lima ASN yang dinyatakan positif Corona tersebut tidak tinggal di Solo. Empat ASN merupakan nakes dan satu lainnya bertugas di Dinas Sosial Solo.

Baca Juga :  RSUD Bung Karno Solo Bakal Jadi RS Pengobatan Tradisional

“Mereka nakes saya, empat orang terkonfirmasi positif. Satunya yakni ASN Dinas Sosial. Saat ini mereka sudah menjalani perawatan di rumah sakit. Sejauh ini kondisi mereka sehat dan mereka tergolong sebagai orang tanpa gejala (OTG),” ujarnya, Selasa (2/6/2020).

Diakui Ning sebelumnya pihaknya tidak menyangka bahwa ASN nakes tersebut dinyatakan positif covid-19 setelah diswab karena kondisi mereka sehat. Setelahnya, DKK Solo langsung melakukan tracing atau penelusuran untuk mencegah penyebaran agar lebih luas.

Baca Juga :  Tak Ada Pemberangkatan, Pemkot Tarik Dana 5 Tim Pendamping Haji

“Kami bekerjasama dengan Kabupaten tempat mereka tinggal, Sukoharjo, Klaten, serta Karanganyar. Untuk melakukan tracing,” imbuhnya.

Dengan pertimbangan banyaknya kontak erat dengan para nakes tersebut, DKK Solo menutup empat Pustu demi.mencegah penyebaran covid-19 lebih luas.

“Penutupan ini karena banyak yang berkontak erat dengan mereka. Karena kita juga tidak tahu apakah dia tertular saat bertugas, atau saat belanja, di jalan atau di manapun,” tukasnya. Prihatsari