JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Beban Rumah Sakit Kian Berat, Menkes Budi Gunadi: Bagi yang OTG, Tolong Isolasi Mandiri di Rumah!

Budi Gunadi Sadikin / tempo.co
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM ย – Masyarakat yang terbukti positif Covid-19 dan tidak menunjukkan sakit atau otang tanpa gejala (OTG), diminta untuk tahu diri dengan melakukan isolasi mandiri di rumah, serta tidak bepergian.

Hal itu penting untuk menjaga agar tidak terjadi penularan yang lebih parah di tengah masyarakat.

Demikian diungkapkan oleh Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. Dia memintaย pasienย OTG Covid-19ย  untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

“Tolong, bapak ibu yang masih tidak demam, tidak sesak nafas, tapi hasil tesย positif, masih bisa melakukan isolasi mandiri. Nanti kami akan bikin mekanismenya dimana tetap dimonitor oleh dokter-dokter baik melalui telepon langsung maupun telemedicine. Ini untuk mengurangi beban rumahย sakit. Biarkan teman-teman, saudara kita dengan gejala yang berat itu yang di-handleย di sana,” ujar Budi Gunadi dalam konferensi pers, Senin (11/1/202).

Baca Juga :  1 Jam Rosan Roeslani Bertemu Pratikno, Membahas Susunan Kabinet untuk Pemerintahan Prabowo?

Budi Gunadiย menyebut, lonjakan kasusย Covid-19 diprediksi akan terus terjadi pasca libur panjang dan tahun baru ini. Sementara itu, beban rumah sakit terus meningkat. Ketersediaan tempat tidur begitu pula dengan tenaga medis sudah sangat terbatas.

“Pasca liburan ini, bapak ibu, rumah sakit itu akan penuh karena memang kasus aktifnya naik 30 persen, sementara kondisiย nakes kita sudah sangatย under pressure,” ujar Budi.

Baca Juga :  Begini Luas Dampak Gempa Tuban, di Surabaya, 160 Pasien Dievakuasi dari RS Airlangga

Untuk itu, ujar Budi, jika kondisi rumah masih memungkinkan, pasien dengan OTG diimbau untuk melakukanย isolasi mandiri.

“Kalau bapak/ibu punya rumah sendiri, punya kamar sendiri, lakukan di rumah dan di kamar. Kalau tidak punya atau terlalu sesak rumahnya, kami nanti akan mengimbau seluruh gubernur kepala daerah agar membuat tempat-tempat isolasi seperti Wisma Atlet, Wisma Haji, asrama dan lain sebagainya atau mungkin juga hotel,” ujarnya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com