JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Siap-Siap, 3.987 Nakes di Semarang Besok Bakal Disuntik Vaksin Sinovac. Gubernur Ganjar: Jangan Ragu!

   

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak 3.987 tenaga kesehatan di Kabupaten Semarang siap divaksin secara serentak pada Kamis (14/1/2021). Jatah vaksin untuk semua nakes itu pun sudah aman hingga dua dosis penyuntikan, karena tahap pertama ini Kabupaten Semarang mendapatkan jatah 8.000 dosis vaksin.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang, Ani Rahardjo kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat melakukan pengecekan persiapan vaksinasi di Kabupaten Semarang, Rabu (13/1/2021). Ganjar mengunjungi dua lokasi yang akan menjadi tempat vaksinasi, yakni RSUD Gondo Suwarno Ungaran dan Puskesmas Ungaran.

“Kita semua sudah siap, termasuk tenaga medis yang akan divaksin. Total tahap pertama ini ada 3.987 tenaga kesehatan yang divaksin, dan kami sudah menerima 8.000 dosis vaksin. Jadi untuk penyuntikan dua kali sudah aman,” kata Ani.

Baca Juga :  Pelaku Pencurian di Alfamart Semarang Masih Buron Polisi

Pelaksanaan vaksinasi, lanjutnya, akan dilakukan di 26 Puskesmas, dua rumah sakit, satu Balkes, dan satu klinik milik Polres Semarang. Setiap lokasi dibatasi hanya 45 orang per hari.

“Untuk Nakes yang divaksin, semua sudah terdaftar secara online ke pusat, dengan NIK dan sebagainya. Input satu data, itu dari pusat. Yang memenuhi syarat, langsung mendapatkan notifikasi,” paparnya.

Sementara itu, Ganjar yang berkeliling memastikan kesiapan vaksinasi cukup puas dengan persiapan rumah sakit dan Puskesmas di Kabupaten Semarang.

Semuanya telah mempersiapkan dengan matang, mulai proses kedatangan, pemeriksaan kesehatan, ruang vaksinasi, sampai tempat penanganan apabila terjadi gejala usai divaksin.

“Alhamdulillah di titik-titik yang saya cek, semuanya sudah siap. Mereka semua sudah fasih urut-urutannya, termasuk apa yang harus dilakukan apabila ada reaksi setelah divaksin. Mereka sudah siap semuanya, karena sudah berpengalaman. Ini kan sama dengan pemberian vaksin imunisasi pada anak-anak. Jadi mudah-mudahan besok berjalan lancar,” ucapnya.

Baca Juga :  Supra 125 Digasak Megapro Patah Jadi 2, Pengendara Tewas di Lokasi

Ganjar kembali meminta dukungan masyarakat dalam program vaksinasi ini. Untuk itu, pada proses vaksinasi besok, Ganjar akan mengajak tokoh agama, tokoh masyarakat, Forkopimda, kelompok profesi untuk divaksin bersama-sama.

“Jadi tidak usah ragu. Saya minta yang di kabupaten/ kota juga sama, bupati/ wali kota mengajak Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat untuk divaksin bersama-sama agar masyarakat tenang,” pungkasnya.

Sebelum di Kabupaten Semarang, Ganjar juga menyempatkan diri memantau persiapan vaksinasi di Kota Semarang. Dua tempat dikunjunginya, yakni Puskesmas Pandanaran dan RSUD KRMT Wongsonegoro. Di dua titik itu, Ganjar juga memastikan semua siap melakukan program vaksinasi tahap pertama untuk tenaga kesehatan pada Kamis (14/1/2021) besok. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com