JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Waspada! Wilayah eks Karesidenan Surakarta Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang, Berikut Prakiraan Cuaca Lengkapnya untuk Hari ini Jumat 5 Februari 2021

Pohon tumbang menimpa rumah warga di Kabupaten Wonogiri. Dok. BPBD Wonogiri
   
Pohon tumbang menimpa rumah warga di Kabupaten Wonogiri. Dok. BPBD Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Warga di eks Karesidenan Surakarta mesti waspada. Pasalnya hari ini, Jumat (5/2/2021), diperkirakan turun hujan lebat yang bisa disertai petir dan angin kencang.

Sementara prakiraan cuaca di Jateng hari ini, Jumat (5/2/2021) pada umumnya berawan pada pagi. Sedangkan saat siang hingga sore jelang malam diperkirakan hujan ringan sampai sedang dengan durasi bervariasi.

Prakiraan ini disampaikan BPBD Wonogiri, data didapat dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Ahmad Yani Semarang.

Baca Juga :  Potret Nyata Upaya Basmi DBD di Jatisrono Wonogiri, Full Kebul alias Fogging Bolo

Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri Bambang Haryanto menyebutkan,
prakiraan berlaku hari ini mulai pukul 07.00 WIB hingga 19.00 WIB. Dalam prakiraan itu secara umum wilayah Jateng diguyur hujan mulai dari tingkat ringan, sedang, hingga lebat. Ada sejumlah hal yang mesti menjadi perhatian dan kewaspadaan bersama.

“Hujan lebat yang dapat disertai petir dan atau angin kencang berpotensi terjadi di wilayah eks Surakarta, Jateng bagian barat, dan pantura timur,” jelas dia.

Baca Juga :  Ramadhan di Ponpes Al Barru Bulusulur Wonogiri, Target Khatam Alquran 20 Hari dan Berbagi Kebaikan

Sementara diperkirakan gelombang laut di perairan utara Jawa bisa mencapai satu setengah hingga tiga meter. Sedangkan tinggi gelombang di perairan Jawa selatan lebih besar lagi. Dalam prakiraan bahkan disebut bisa mencapai satu setengah sampai empat meter.

“Selain itu bencana hidrometeorologi masih mengancam. Bencana jenis ini berupa banjir, tanah longsor, petir, maupun angin kencang,” kata dia. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com