JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Piala Wali Kota Solo, Pengamanan Stadion Manahan Dibagi Dalam 3 Ring

Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak Foto: JSNews/Prabowo
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak siap mengamankan gelaran turnamen sepak bola Piala Wali Kota yang berlangsung, 21-26 Juni 2021 di Stadion Manahan Solo.

Untuk Stadion Manahan nantinya akan diperlakukan pengamanan berdasarkan ring.
“Untuk Turnamen Piala Wali Kota keamanan akan diperlakukan tiga ring,” terang Kapolresta Solo saat ditemui di Solo Techno Park (STP), Selasa (8/6/2021).

Ade Safri menjelaskan, untuk ring satu ada di area dalam stadion yang memang dibatasi yang boleh masuk di sana. Ring dua ada di joging track dan halaman Stadion Manahan, sedangkan ring tiga ada di luar stadion.

“Selain tiga ring keamanan yang disiapkan. Kita juga akan menyiapkan tim pengurai kerumunan (TPK) mobile bergerak memantau kerumuan, ini untuk mengantisipasi adanya suporter yang datang,” papar dia.

Baca Juga :  Teguh Prakosa, Wakil Gibran Akan Daftar Jadi Calon Walikota Solo, Yakin Partainya Melihat Figur Internal

Pihaknya juga melarang warga untuk nonton bareng (Nonbar) di tempat manapun yang berpotensi kerumuan. Karena saat ini masih dalam masa pandemi, sehingga harus waspada dan menghindari kerumuan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Nonbar kita larang. Nanti ada tim yang mobile untuk memantau situasi kota, jangan sampai ada nonbar, atau suporter datang ke stadion,” ungkapnya.

Nantinya TNI/Polri akan berkoordinasi dengan panitia pelaksana (panpel) terkait tentang pengamanan gelaran Piala Wali Kota. Konsepnya nanti sama seperti pengamanan pada penyelenggara Piala Menpora kemarin.

“Nafas dari pertandingan ini adalah pertandingan tanpa penonton. Itu yang utama dulu,” kata dia.

Selanjutnya nanti ada batasan yang boleh berada di kawasan area dalam stadion. Jadi pemain, official, pelatih termasuk media nanti akan dibatasi selama turnamen berlangsung.

Baca Juga :  PDIP Buka Pendaftaran Bakal Cawali-Cawawali, Diah Warih: Pilkada Solo Kian Menarik

“Itu nanti akan kita jaga konsistensi pembatasan orang di dalam kawasan stadion,” paparnya.

Protokol kesehatan (prokes) pun harus menjadi perhatian dan tidak boleh dilupakan. Jadi ada pelaksanaan swab antigen sebelum pertandingan dimulai.

“Nanti ada juga swab antigen sebelum pertandingan. Jadi sama seperti pelaksanaan Piala Menpora,” ucap dia.

Untuk izin keamanan, lanjut dia, ada Mabes Polri. Kalau dari Polresta hanya memberikan rekomendasi saja.

Karena dalam turnamen sebagai persiapan untuk Liga 1 dan Liga 2 ini melibatkan tim-tim bukan hanya dari Kota Solo tapi berbagai daerah dan provinsi.

“Izin ada di Mabes. Kita dari Polres hanya memberikan rekomendasi,” tandasnya. Prabowo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com