JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Wow, Anggaran Seragam Dinas 45 DPRD Karanganyar Habiskan Rp 210 Juta. Per Dewan Dijatah Rp 4,68 Juta

Ilustrasi jas resmi

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak 45 anggota DPRD Karanganyar kembali menerima anggaran untuk membuat seragam dinas tahun 2021 ini.

Mereka digelontor anggaran senilai Rp 177 juta untuk bahan seragam dan Rp 33, 750 juta untuk ongkos jahit. Sehingga total seragam untuk 45 wakil rakyat itu menelan anggaran total Rp 210,75 juta.

Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Karanganyar, Susamti mengatakan pengadaan bahan seragam dikerjasamakan rekanan dengan nilai Rp 177 juta.

Tiap anggota dewan akan menerima tiga stel bahan masing-masing satu setel untuk pakaian dinas harian (PDH), pakaian sipil harian (PSH), dan pakaian sipil resmi (PSR).

Baca Juga :  Buntut Rivalitas Ganjar Vs Puan, Agustina Wilujeng : Saru Hari Gini Kok Rebutan Kepengin Nyalon Presiden

Dengan nilai total Rp 177 juta, anggaran 3 stel bahan seragam untuk setiap dewan menghabiskan Rp 3,93 juta.

Ditambah ongkos jahit per setel baju seragam Rp 250.000 per stel atau tiga stel Rp 750.000, maka tiap anggota DPRD menghabiskan dana sekitar Rp 4,683 juta.

“Rekanan untuk pengadaan bahan dari Tans Collection Solo. Dengan mekanisme penunjukan langsung karena nilai pengadaan di bawah Rp 200 juta,” paparnya kepada wartawan, Senin (16/8/2021).

Susamti menjelaskan sejauh ini dari tiga bahan yang disodorkan, sudah ada satu bahan yang disetujui Ketua DPRD. Sedangkan lainnya dianggap kurang layak.

Baca Juga :  Hujan Deras Disertai Angin Kencang Landa  Desa Nglegok, Ngargoyoso. Teras Rumah Warga Ambrol Tertimpa Longsor

Sehingga Tans Collection Solo harus menguji bahan lain ke ke Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Yogyakarta.

Menurutnya ada kriteria tertentu bahan yang ditentukan seperti apa. Di antaranya bahan serat wol, katun dan sebagainya. Ketentuan uji lab itu diatur dalam PP No 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota. .

“Setelah bahan tiga setel seragam disetujui Ketua DPRD nanti baru didistribusi ke 45 anggota DPRD,” jelasnya.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua