JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Waspada, Kasus Covid-19 Varian Omicron Sudah Masuk ke Indonesia. Pasien Terkonfirmasi di Wisma Atlet Kemayoran

Varian omicron. pixabay
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Indonesia secara resmi mengumumkan penemuan kasus pertama varian Omicron. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin pada Kamis (16/12/2021).

Pasien pertama varian virus Omicron adalah petugas kebersihan di Wisma Atlet Kemayoran. Petugas berinisial N ini diketahui positif Covid-19 pada Rabu (8/12/2021) pekan lalu saat menjalani pemeriksaan RT PCR rutin.

Usai menjalani tes di Wisma Atlet, sampelnya langsung dikirim ke Kemenkes untuk dilakukan Whole Genome Sequencing (WGS).

Pada Jumat (10/12/2021), terkonfirmasi tiga orang positif Covid-19 dari hasil WGS. Sampel dari tiga petugas kebersihan itu langsung dikirimkan ke Balitbangkes untuk kembali dilakukan sequencing.

Baca Juga :  Masinton Sebut Tak Ada Urgensinya Megawati Temui Presiden Jokowi

Hasil yang keluar pada Rabu (15/12/2021) menyatakan satu pasien terkonfirmasi positif varian Omicron.

Budi menyebutkan, data-data itu juga sudah dikonfirmasikan ke GISAID (lembaga independen yang melaporkan varian-varian virus serta sequence-nya).

GIASID selanjutnya mengonfirmasi data sequencing. Hasilnya pun positif menunjukkan adanya varian Omicron.

Ketiga pekerja yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut termasuk pasien tanpa gejala.

“Mereka masih sehat tanpa demam, tanpa batuk-batuk, dan saat ini mereka sudah di RT PCR kembali setelah tiga hari berikutnya dan hasil tes PCR negatif,” jelas Budi dilansir dari republika.co.id.

Baca Juga :  Ini Sikap Timnas AMIN Jika Gugatannya Soal Sengketa Pilpres Sampai Ditolak MK

Terkait varian Omicron yang telah masuk ke Tanah Air, masyarakat diimbau agar tetap tenang. Pemerintah juga menganjurkan supaya warga Indonesia tidak keluar negeri jelang masa libur Nataru.

“Tidak usah panik, tetap hidup seperti normal, patuhi protokol kesehatan, patuhi surveilans, lakukan vaksinasi lebih cepat lagi,” tandas Budi. Linda Andini Trisnawati 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com