JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Penyebaran Covid-19 di Perkantoran Pemkab Boyolali Meluas, Giliran Pegawai Dinkes dan DKP Diswab

Salah satu pegawai di Boyolali tengah menjalani tes swab / Foto: Waskita
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Seluruh pegawai Dinkes dan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Boyolali menjalani swab di kantor Dinkes, Jumat (11/2/2022).

Swab dilakukan dilakukan menyusul adanya satu pegawai Dinkes yang positif.

Namun untuk mempercepat deteksi dini, juga dilakukan swab antigen. Hasilnya ada tiga pegawai yang terkonfirmasi positif Covid-19. Selanjutnya akan diambil sampel untuk swab tes PCR.

Pelaksanaan swab tersebut juga diikuti 23 pegawai Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Boyolali.

Menurut Kepala Dinkes Boyolali, Puji Astuti, swab PCR dan antigen dilakukan pasca ada satu pegawai yang terkonfirmasi positif covid-19 pada Kamis (3/2/2022). Awalnya hasil swab test antigen pegawai tersebut positif.

Lantas dilanjutkan dengan pemeriksaan swab PCR dengan hasil yang sama. Dinkes kemudian melakukan swab PCR pada Senin (7/2/2022). Hasilnya negatif. Setelah lima hari, dilakukan kembali swab PCR yaitu pada Jumat (11/2/2022).

Baca Juga :  Pengusaha Kerajinan Tembaga di Boyolali Ini Tewas Bersimbah Darah di Rumahnya, Diduga Dibunuh dan Diseret

“Untuk yang swab PCR ada 96 orang dan swab antigen + PCR ada 19 orang. Swab antigen ini dilakukan pagi pegawai Dinkes Boyolali yang ada gejala,” katanya.

Namun, untuk swab test PCR masih menunggu hasilnya. Sebab ada antrean cukup banyak di Labkes RS UNS. Sehingga hasil swab PCR tidak bisa langsung jadi dalam sehari dan pihaknya masih harue menunggu.

“Sedangkan hasil swab antigen, dari 19 pegawai yang diswab ada 3 orang yang terkonfirmasi positif covid-19.”

Ketiganya merupakan pegawai bidang Kesra Dinkes. Pihaknya lantas memberikan Surat Perintah (SP) isolasi kepada tiga pegawai tersebut sembari menunggu hasil dari swab test PCR. Seluruh pegawai bidang Kesra juga diminta untuk work from home (WFH).

Baca Juga :  Kasus Dugaan Pembunuhan Pengusaha Kerajinan Tembaga, Polres Boyolali Amankan Sejumlah Barang Bukti

Ditambahkan, pegawai Dinkes yang terpapar ini hanya mengalami gejala ringan seperti batuk dan pilek.

“Kami juga mengarahkan pada Puskesmas, kalau ada pegawai yang mengalami gejala batuk pilek untuk segera swab mandiri. Namun, kalau lihat kondisi seperti ini, kita akan skrining semuanya.”

Pelaksanaan swab tes tersebut menambah panjang daftar kantor pemerintahan yang terjadi paparan Covid-19.

Sebelumnya  swab test masal dilakukan kantor Dinas Lingkunga Hidup (DLH), Diskominfo, Dinas Pertanian. Sedang paparan di sekolah terjadi di SMPN 3 Sawit, SMPN 1 Boyolali dan MAN 1 Boyolali. Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com