JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Keren, Ada Bazar dan Pasar Murah Lebaran 2022 di Kebun Bibit Griya Amanah Kuryo Jatipurno Wonogiri

Anggur Brazil
Tarmin di antara tanaman Anggur Brazil di Kebun Bibit Griya Amanah Kuryo Jatipurno Wonogiri. Dok. Pribadi
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Momen mudik Lebaran 2022 digunakan Tarmin untuk mengenalkan aneka jenis tanaman melalui bazar dan pasar murah Lebaran 2022.

Di bazar dan pasar murah Lebaran 2022 tersebut aneka bibit buah dan tanaman disajikan kepada masyarakat khususnya perantau Wonogiri yang mudik ke kampung halaman.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kebun Bibit Griya Amanah, yang beralamat di Kuryo Kelurahan Jatipurno Kecamatan Jatipurno Wonogiri Jawa Tengah.

Kegiatan bazar dan pasar murah Lebaran 2022 aneka bibit buah dan tanaman dilaksanakan pada Kamis-Minggu (5-8/5/ 2022).

Selain mengenalkan aneka bibit buah dan tanaman, kegiatan ini juga untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar memanfaatkan lahan pekarangannya menjadi lebih produktif. Yakni dengan ditanami buah-buahan seperti alpukat, jeruk, sawo, pisang, durian dan aneka bibit buah lainnya.

“Sehingga walaupun ditinggal perantau lahan pekarangannya tidak terbengkalai,” ungkap Tarmin kepada wartawan, Senin (9/5/2022).

Baca Juga :  Menjaga Kebiasaan Pola Makan Teratur Setelah Ramadhan, Tetap Sehat dan Bugar

Setelah diperkenalkan bibit tanaman hasil perbanyakan cangkok dan sambungan serta prospek dari tanaman buah, salah satu pemudik dari Kecamatan Slogohimo Wonogiri Purwanto tertarik untuk menanam alpukat. Dia langsung memesan 50 batang bibit alpukat berbagai jenis untuk ditanam di lahan pekarangannya.

Selain membeli bibit, Purwanto juga minta untuk ditanamkan sekalian.

Ada tanaman Anggur Brazil yang unik dan menarik pada bazar kali ini, pasalnya pohon anggur ini berbeda dengan jenis anggur lainnya.

Jika umumnya tanaman anggur merambat, tapi Anggur Brazil ini dapat berdiri kokoh dengan batang kayu yang keras dan buahnya muncul di batang pohon yang sudah tua.

Anggur Brazil dikenal juga dengan nama jaboticaba di negara asalnya, atau Anggur batang, Anggur Pohon kalau masyarakat Indonesia menyebutnya.

Tumbuhan ini dikenal dengan buahnya yang berwarna ungu-kehitaman dengan daging buah berwarna putih dan tumbuh di batang pohon. Buahnya dapat dimakan langsung atau dijadikan jelly, selai, dan jus.

Baca Juga :  Balon Udara Jatuh di Jatinom Gedong Ngadirojo Wonogiri, Bisa Picu Kebakaran hingga Gangguan Penerbangan

“Kalau masih muda, rasanya asam. Tapi kalau sudah benar-benar matang, rasa buahnya manis legit,” beber dia.

Anggur Brazil (Myrciaria cauliflora) atau dikenal juga dengan nama jaboticaba harganya masih cukup mahal. Untuk bibit Tarmin membandrol dengan harga Rp80-250 ribu sementara untuk yang siap buah dan berbuah harga kisaran Rp1-2,5 juta.

Tidak hanya Anggur Brasil, di kebun bibit Griya Amanah juga dikembangkan Buah Black Sapote yang berasal dari Meksiko. Buah ini baru ramai dikembangkan di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Menurutnya jika masyarakat ingin membeli aneka bibit buah dan tanaman bisa menghubungi kebun bibit griya amanah di 085293174612 atau bisa langsung ke

https://goo.gl/maps/mNWawQBEeLKHuZ6K8. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com