JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Korban PMK, 25 Ekor Ternak di Wonogiri Dimatikan 292 Suspek 280 Sembuh, Soal Penyembelihan Hewan Kurban Bagaimana?

Pasar hewan
Pengecekan sapi di Pasar Sapi Pracimantoro. Dok. Polres Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Puluhan ekor ternak di Wonogiri terpaksa dimatikan lantaran menjadi korban penyakit mulut dan kuku atau PMK Wonogiri.

Sementara total sudah ada ratusan ternak yang masuk suspek PMK Wonogiri. Sebagian besar di antaranya sudah dinyatakan sembuh.

Terkait PMK Wonogiri, Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek mengkonfirmasikan adanya 292 ternak yang suspek PMK. Sementara ternak yang sembuh tercatat ada 280 ekor.

Baca Juga :  Belasan Rumah Rusak Diterjang Angin Kencang di Jatipurno dan Brenggolo Jatiroto Wonogiri, Segini Kerugiannya

Sementara itu, 25 ternak mati dan dipotong paksa.

Pemkab Wonogiri juga telah mengusulkan ke pemerintah pusat soal distribusi vaksin PMK untuk ternak. Bupati Jekek menuturkan, populasi sapi di Kota Sukses ada sejumlah 157 ribu ekor sementara untuk kambing sekitar 340 ribu ekor.

Selain itu Pemkab Wonogiri menyiapkan petugas kesehatan hewan di 25 kecamatan untuk memeriksa hewan yang akan dikurbankan. Petugas juga disebut siap melakukan jemput bola dalam melakukan pemeriksaan.

Baca Juga :  Begini Cara Mewujudkan Perempuan Sehat dan Perempuan Kuat Ala Paguyuban Sedulur Emas

Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek mengatakan untuk menjamin hewan kurban aman dari PMK, diharapkan pihak-pihak terkait seperti takmir masjid dan masyarakat yang hendak berkurban bisa memenuhi syarat. Pihak tersebut bisa berkoordinasi dengan petugas kesehatan hewan.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com