JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Cara dan Proses Menyimpan Daging Kurban Agar Awet, Jangan Langsung Dimasukkan Freezer

Ilustrasi daging merah. Foto: pixabay.com
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Idul Adha identik dengan penyembelihan daging kurban oleh umat muslim. Setelah menerima daging kurban, sebagian besar orang tak langsung menghabiskannya, tetapi hanya memasak seperlunya saja.

Lalu bagaimana agar daging kurban bisa bertahan lama kesegarannya saat disimpan? Simak tips ini agar daging kurban awet saat disimpan.

Proses dan cara penyimpanan akan memengaruhi kualitas dan kebersihannya. Tak hanya berpengaruh pada rasanya, selain itu juga berpotensi menimbulkan penyakit.

Tips Menyimpan Daging Kurban

Berikut ini tips untuk menyimpan daging kurban agar tahan lama:

1. Tidak mencuci daging segar

Melansir dari ugm.ac.id, pakar produksi ternak dari Fakultas Peternakan UGM, Panjono, mengatakan daging yang hendak disimpan sebaiknya tidak dicuci. Hal ini dikarenakan jika daging dicuci maka akan memberi peluang bagi penyakit-penyakit yang berasal dari air mentah masuk kedalam daging. Daripada mencuci dengan air, Anda cukup mengelap kotoran atau sisa-sisa air yang menempel pada daging menggunakan lap bersih atau tisu.

2. Potong daging

Selanjutnya Anda bisa memotong atau menggiling daging sesuai dengan rencana memasak Anda.

3. Masukkan ke dalam wadah

Potongan daging yang telah dibagi kemudian masukkan ke dalam kantung plastik atau wadah dan tutup rapat, akan lebih baik jika divakum.

4. Masukkan ke chiller beberapa saat, kemudian baru disimpan dalam freezer

Sebelum memasukkan daging ke dalam freezer, terlebih dahulu masukkan ke chiller. Hal ini berguna untuk menjaga struktur daging agar tetap stabil dan bahkan bisa lebih empuk. Saat pertama kali dimasukkan ke kulkas, simpan daging di kulkas bagian bawah terlebih dahulu dengan suhu 4 derajat celsius. Tujuannya agar daging beradaptasi terlebih dahulu dengan perubahan suhu.

5. Jangan dicairkan langsung di suhu ruang

Saat Anda hendak memasak daging, hindari mencairkan daging kurban dari freezer di suhu ruang. Perubahan suhu yang drastis akan berisiko menimbulkan paparan bakteri pada daging. Sama seperti cara sebelumnya, Anda dapat memindahkan daging ke kulkas bagian bawah terlebih dahulu sebelum memasaknya. Setelah tidak membeku, daging siap untuk dimasak.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com