JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Perhatian, Bupati Sragen Minta Warga Segera Vaksin Booster. Covid-19 Naik Lagi?

Kusdinar Untung Yuni Sukowati. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati meminta masyarakat kembali waspada dan mematuhi protokol kesehatan serta melakukan vaksin booster.

Hal itu dilakukan sebagai langkah proteksi terhadap penyebaran dan penularan virus Covid-19 yang saat ini kasusnya masih ada.

“Saat ini Covid – 19 belum selesai sehingga kita harus mengingatkan terus kepada masyarakat untuk menjaga prokes. Proporsi kasus Covid-19 meningkat tiga kali lipat lebih banyak pada kelompok lansia, sehingga kita mengharapkan booster untuk lansia terus dimaksimalkan,” terang Bupati Yuni usai memimpin Apel HKN ke-58 di Halaman RSUD Tangen, Sragen, Senin (14/11/2022).

Rangkaian puncak HKN ke-58 tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati, Suroto, Sekda Hargiyanto, jajaran Asisten Sekda, dan Kepala OPD Sragen serta diikuti ratusan tenaga kesehatan (nakes) dari rumah sakit (RS) dan puskesmas, Instalasi Farmasi, dan Laboratorium Kesehatan Daerah.

Baca Juga :  Mantan Sekda Sragen Tatag Prabawanto Ambil Formulir Pendaftaran Calon Bupati/Wakil Bupati Sragen di DPC Gerindra Sragen

Bupati menambahkan terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Sragen memasuki level 1 selama 14 hari sejak 8-14/11/2022 ini.

Pihaknya mengaku jika Pemkab masih gencar melakukan sosialisasi baik lewat media, maupun sosialisasi para tenaga kesehatan di daerah-daerah.

“Untuk pembatasan kegiatan pemasyarakatan, tidak melakukan. Namun kami selalu menghimbau agar masyarakat tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Adanya kenaikan kasus Covid-19 yang didominasi lansia. Bupati mengharapkan booster untuk lansia bisa dilakukan secara maksimal.

Termasuk dengan vaksinasi booster, sebagai langkah menekan angka kesakitan Covid-19.

“Masyarakat Kabupaten Sragen ayo silahkan vaksinasi booster, saat ini kita sediakan di UPTPK karena jumlah vaksin terbatas sehingga satu tempat pelayanan di Sentra Vaksinasi Sukowati / UPTPK. Silahkan dimanfaatkan untuk warga Sragen yang memang harus booster mengingat situasi dan kondisi sekarang,” ajak Bupati.

Baca Juga :  Kebakaran Kandang Ayam Milik Anggota DPRD Sragen di Desa Karanganyar, 60000 Ekor Ayam Mati Terpanggang

Sementara itu, Sekda Sragen, dr. Hargiyanto menambahkan capaian vaksinasi booster sementara 27,88 persen dengan total suntikan 191.360 orang.

Namun untuk warga ber-KTP Sragen yang disinyalir vaksinasi booster di luar Sragen totalnya mencapai 37 persen.

Sekda menjelaskan booster ini pihaknya mendapatkan target minimal 40 persen dari pemerintah pusat. Dirinya tidak mematok kapan akan rampung karena vaksin juga belum ada.

“Targetnya ya sebenarnya 100 persen. Untuk booster ini minimal 40 persen untuk masyarakat dibatasi hanya 4 persen. Bisalah sambil jalan,” kata Hargi.

Karena minimnya stok vaksin, Hargi mengaku vaksinasi dilokalisir hanya kantor Sentra Vaksinasi Sukowati / UPTPK Sragen.

“Dalam sehari bisa melayani 100 orang dengan stok pfizer, satu filed bisa untuk 12 orang,” pungkasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com