JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Selamat, MTSN 4 Sragen Raih Penghargaan Adiwiyata Provinsi Jateng 2022. Jadi Satu-Satunya Madrasah asal Sragen

Kegiatan penguatan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan yang mengantar MTsN 4 Sragen meraih Adiwiyata Provinsi 2022. Foto/Wardoyo
   

PLUPUH, JOGLOSEMARNEWS.COM – MTs Negeri 4 Sragen sukses meraih penghargaan Adiwiyata Provinsi Jawa Tengah tahun 2022.

MTsN yang berlokasi di Kecamatan Plupuh itu menjadi satu-satunya madrasah di Sragen yang meraih penghargaan tersebut dari provinsi.

Informasi tersebut diumumkan melalui Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah nomor 660.1/15 Tahun 2022 tentang Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022.

Berdasarkan informasi tersebut, acara penyerahan penghargaan diberikan secara langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Kota Tegal Kamis (22/12/2022) pukul 09.00 WIB.

Penyerahan dilakukan bersamaan dengan acara penguatan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah tingkat propinsi Jawa Tengah.

Kepala MTsN 4 Sragen, Sumanto mengatakan penghargaan Adiwiyata tingkat propinsi Jawa Tengah diterima MTsN 4 Sragen setelah dilakukan verifikasi dan validasi lapangan oleh tim penilai adiwiyata Propinsi Jawa Tengah beberapa waktu lalu.

Baca Juga :  Media Sragen Terkini (MST HONGKONG), Grup Pertama yang Terdaftar di Kemenkumham dan Memiliki Anggota Terbanyak di Kota Sragen

MTsN 4 Sragen dinilai memenuhi berbagai indikator sekolah adiwiyata, diantaranya, fasilitas yang mendukung sekolah ramah lingkungan.

Lantas banyak ditumbuhi pohon sebagai penghijauan, pemilahan sampah yang bagus, saluran pembuangan air lancar, dan sirkulasi udaranya juga bagus.

Selain fasilitas yang menunjang juga banyak kegiatan siswa yang mendukung suksesnya MTsN 4 Sragen menjadi sekolah adiwiyata salah satunya siswa membuat eco enzim yang dibuat melalui fermentasi sisa buah-buahan dan sayur yang bisa berfungsi untuk cuci piring dan pembersih.

Kepala MTsN 4 Sragen, Sumanto. Foto/Wardoyo

Selain kegiatan tersebut, semua warga madrasah selalu mendukung kegiatan yang berhubungan dengan adiwiyata. Kegiatan jum’at bersih misalnya.

“Diadakan seminggu sekali yang diisi dengan membersihkan sampah, menanam tanaman di lahan yang masih kosong dan tidak lupa memelihara tanaman yang sudah ada,” urai Sumanto.

Baca Juga :  Berkah Hari Raya Idul Fitri Toko Pusat Oleh-oleh di Sragen Diserbu Pembeli

Selain itu MTsN 4 Sragen juga selalu
memperingati hari-hari yang berhubungan dengan lingkungan hidup. Tujuannya untuk mengingatkan siswa bahwa menjaga kelestarian lingkungan itu penting.

Sumanto mengaku bersyukur dan bangga atas pencapaian tersebut. Tak lupa ia sampaikan terima kasih kepada guru pegawai lantaran bisa kompak untuk mewujudkan prestasi tersebut.

Karena itu, ia mendorong terus maju dan berinovasi sesuai dengan slogan MTsN 4 Sragen

“Terus Bergerak Untuk Yang Terdepan”. Diraihnya penghargaan Adiwiyata Propinsi Jawa Tengah tersebut lantas membuat langkah berhenti di situ. Selanjutnya Sumanto berharap lebih semangat untuk menuju Adiwiyata tingkat nasional. Semoga tahun depan bisa naik tingkat ke nasional,” pungkasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com