JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

116 Rumah Rusak Diterjang Angin Kencang Gowa, di Takalar Puting Beliung Berdampak pada 98 KK

Angin kencang
Rumah warga rusak terdampak angin kencang Gowa. Dok. BPBD Kabupaten Gowa
   

GOWA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bencana hidrometeorologi terjadi di Sulsel, yakni angin kencang Gowa dan puting beliung Takalar.

Sedikitnya ada ratusan rumah rusak diterjang angin kencang Gowa. Sedangkan puting beliung Takalar berdampak pada puluhan KK.

Bencana hidrometeorologi angin kencang Gowa, Sulsel terjadi, pekan lalu. Namun upaya gotong royong terus berlanjut pada Kamis petang (5/1/2024).

BPBD Kabupaten Goa dan unsur terkait lainnya membantu warga yang rumahnya terdampak bencana angin kencang Gowa. Personil gabungan dari dinas pekerjaan umum, dinas sosial, TNI, Polri, petugas kecamatan dan kelurahan serta relawan berada di lokasi terdampak bersama warga.

Abdul Muhari, Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB dalam keterangan tertulisnya, Jumat (6/1/2023) membeberkan, bencana hidrometeorologi angin kencang Gowa ini mengakibatkan sebanyak 116 rumah terdampak. Rumah warga yang mengalami rusak ringan sebanyak 33 unit, rusak sedang 9 dan rusak berat 1. BPDB Kabupaten Gowa tidak merinci tingkat kerusakan pada 75 unit rumah warga lainnya.

Baca Juga :  Bukti Lebih dari Cukup, Hamdan Zoelva Yakin MK Bakal Kabulkan Gugatan Anies-Muhaimin

Meskipun terjadi kerusakan pada rumah warga, BPBD Kabupaten Gowa tidak mengidentifikasi adanya warga yang mengungsi.

Berdasarkan informasi dari tim reaksi cepat BPBD Kabupaten Gowa, warga yang berada pada sejumlah desa di 4 kecamatan merasakan fenomena angin kencang tersebut.

Desa atau kelurahan yang teridentifikasi antara lain, Desa Manjalling, Mandalle, Tanabangka, Borimatangkasa, Gentungang dan Kalemandalle di Kecamatan Bajeng Barat, Desa Moncobalang, Lembang Parang, Tamannyeleng, Biringala, Tinggimae dan Benteng Somba Opu di Kecamatan Barombang, serta dua kecamatan lain. Dua kecamatan tersebut antara lain Kecamatan Pallanga dan Parangbanoa.

Baca Juga :  Muncul Rumor Perpecahan di Internal PDIP, Ini Bantahan Hasto

Puting Beliung Takalar

Sementara itu, fenomena serupa juga terjadi di Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan, pada Kamis (5/1), pukul 14.30 waktu setempat atau WITA. Puting beliung Takalar berlangsung bersamaan dengan hujan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah kabupaten.

Tidak ada laporan adanya korban luka-luka atau warga mengungsi. BPBD Kabupaten Takalar menginformasikan sebanyak 98 KK terdampak akibat peristiwa ini.

Lokasi yang terkena imbas angin kencang berada di Desa Tamalate, Kecamatan Galesong Utara, Takalar.

Pascakejadian, petugas BPBD setempat segera melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan pihak desa maupun kecamatan yang terdampak angin kencang. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com