JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Anggota Polres Sragen ini Diusulkan Calon Hoegeng Award 2023

Hoegeng Aawards
Hoegeng Awards
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Aiptu Supardi anggota Sattahti Polres Sragen menjadi sosok populer di laman tiktok dan media massa. Bukan karena menangkap penjahat, tapi karena ia sosok terkenal yang sering memberikan bantuan bahan bangunan kepada fakir miskin yang keluarganya telah meninggal dunia.

Aksi yang dilakukan sejak 2015 itu menginspirasi Yudha, ketua RT di Desa Guworejo, Karangmalang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, untuk mengajukannya sebagai calon Hoegeng Award 2023.

Aksi Unik Aiptu Supardi Anggota Polres Sragen.

Menurut Supadi, langkah awalnya untuk menyediakan bahan bangunan pemakaman bagi warga dilakukan saat ia dan istrinya memulai usaha toko bahan bangunan pada 2015.

“Dulu ada warga yang minta dibantu material bangunan untuk mengecor makam milik keluarganya, kemudian saya bantu secara gratis. Kemudian kabar itu menyebar sehingga banyak warga yang turut meminta bantuan. Semuanya saya gratiskan. Saya kebetulan tidak setiap hari ada stok di toko saya. Sekarang warga di 6 desa saya tangani,” tutur Supardi, Kamis (23/2/2023)

Meski dilakukan secara ikhlas, Supardi mengungkapkan bahwa masa yang paling berat dirasakannya adalah pada merebaknya pandemi covid 19 di tahun 2020 hingga 2022.

“Pada masa covid, jumlah warga yang meninggal hingga 8-10 orang per hari. Saya sampai berdoa kepada Allah supaya saya diberi kekuatan membantu warga. Terlebih ada material bangunan yang sulit dicari waktu itu, yaitu batu bata. Saya kebetulan tidak sedia stok di toko saya,” tandas ayah dari 4 orang anak itu

Baca Juga :  Polisi Razia Puluhan Sepeda Motor Kenalpot Brong di Sragen Usai Pengasahan Warga Perguruan Silat

Pada kesempatan yang sama Yudha mengatakan, dirinya berinisiatif merekomendasikan Supardi sebagai calon Hoegeng Award karena melihat seorang oknum Polres Sragen yang berjiwa sosial tinggi.

“Jadi pada saat kemarin-kemarin pas ada kunjungan RT, bagi warga Pak RT bilamana ada yang meninggal dunia, untuk bahan bangunan pada saat mau mengubur, nanti langsung saja ke toko minta gratis. Jadi memang beliau berperan istilahnya ikhlas untuk membantu warga di wilayah Desa Guwurejo, tapi di luar wilayah juga ikut bantu,” kata Yudha

Yudha juga menyebut bahan bangunan bahkan dikirim ke kuburan. Berbagai bahan bangunan antara lain semen, batu bata, pasir dan bahan lain yang dibutuhkan.

“Sudah lama sekali beliau punya program itu. Saya juga pengguna salah satu manfaat pengguna program dari Pak Supardi itu sendiri. Kemarin saya hubungi ke sana karena ada yang meninggal, alhamdulillah langsung dikirim. Jadinya warga saya sudah beberapa kali saya tekankan kalau memang untuk bantuan program Pak Supardi langsung ke tempatnya, gratis,” tuturnya.

Konon, Aiptu Supardi tidak hanya membantu warga yang meninggal, tetapi juga sering menyumbangkan bahan bangunan dari tokonya untuk perbaikan infrastruktur. Ia juga dikatakan aktif di masyarakat, seperti pengabdian masyarakat.

Baca Juga :  Perbaikan Jalan Rusak di Sragen Terus Dilakukan Salah Satunya Dengan Anggaran Banprov Jateng, Warga: Makasih Banyak Mbak Yuni Mas Bowo

“Dia ikut salah satunya membantu dalam program pembangunan infrastruktur, contoh pembangunan jalan, pos kamling. Semuanya gratis, dan dia juga berani iuran paling besar. Dia ikut berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan di RT-nya,” bebernya.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Jateng, Sriyanto Saputro, juga turut mengusulkan nama Aiptu Supardi sebagai penerima Hoegeng Awards 2023. Sriyanto mulai mengenal Aiptu Supardi sejak tahun 2022 saat dia berkeliling di dapilnya. Dia turut kagum dengan kebaikan yang dilakukan Aiptu Supardi, karena menurutnya dilakukan tanpa pamrih.

“Kalau tradisi di sana itu kan orang meninggal itu langsung dibeton itu. Sehingga setiap ada orang meninggal, setiap dikabari pasti dikirim dan gratis itu. Tapi uniknya nggak punya kepentingan apapun, makanya disegani karena kebaikannya,” kata Sriyanto saat dihubungi.

Sriyanto Saputro, Wakil Ketua Komite C DPRD Jateng, juga mengusulkan nama Aiptu Supardi sebagai penerima Hoegeng Award 2023. Sriyanto mengenal Aiptu Supardi saat berkeliling ke daerah pemilihannya pada 2022. Ia pun kagum dengan kebaikan yang ditunjukkan Aiptu Supardi, karena menurutnya itu tanpa pamrih.

“Jiwa sosialnya tinggi, di kampungnya ada semacam gedung pertemuan itu dia yang sponsori, termasuk masjidnya. Kegiatan sosial, gotong-royong, itu dia rajin. Saya dapat cerita dari orang-orang itu, bahkan dari Pak Kepala Desa,” jelasnya.

Huriyanto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com