JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Tingalan Jumenengan, Sinuhun Paku Buwono XIII Akan Dikirab 16 Februari Nanti

Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka saat menyalami Sinuhun Paku Buwono XIII / Foto: Ando
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Keraton Kasunanan Surakarta akan menggelar upacara adat tingalan dalem jumenengan atau kenaikan tahta Sinuhun Paku Buwono (PB) XIII pada 16 Februari 2023 nanti.

Ketua Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Surakarta, GKR Koes Moertiyah menjelaskan,  acara tersebut nantinya akan jadi upacara yang istimewa. Karena rencananya, Sinuhun PB XIII akan dikirab menggunakan kereta pusaka milik keraton.

“Kalau jadi dan keadaan memungkinkan Sinuhun mau dikirab saat tingalan dalam jumenengan,” terang GKR Koes Moertiyah,  Rabu (8/2/2023).

Kirab akan melalui rute yang sama dengan rute kirab malam 1 Sura di tahun-tahun sebelumnya.
Kirab itu, menurutnya, juga digelar setelah puluhan tahun lamanya tidak diadakan.

Baca Juga :  Kota Solo Tuan Rumah HUT Dekranas-PKK ke-44, Ada Penampilan Rossa, Judika Hingga Yovie & Nuno

“Rute sama seperti kirab malam satu sura, tapi apakah itu memungkinkan, itu kan jaraknya 6,5 kilometer (km). Terakhir kirab jumenengan itu sudah lama sekali,” ungkapnya.

Sebagai bentuk persiapan, lanjut wanita yang biasa disapanGusti Moeng itu,  latihan tari bedaya  ketawang akan dilakukan. Pasalnya,  akan ada banyak pihak yang dilibatkan.

“Ini kita masih persiapan untuk membentuk panitia. Rencana ini juga sudah disampaikan ke Sinuhun. Saya itu melayani bapak untuk tingalan jumenengan, terutama jumenengan bedaya  ketawang. Jadi istilahnya saya sambil merem wes isa mlaku, karena perangkat saya sudah ada,” paparnya.

Baca Juga :  PPJI Komitmen Kembangkan Restoran Indonesia di Luar Negeri

Terpisah, Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengaku telah mendapatkan undangan tingalan jumenengan yang disampaikan oleh KGPAA Purboyo di Balaikota Solo.

“Iya tadi sudah ada perintah khusus dari Sinuhun mendampingi kirab tanggal 16 Februari besok. Perintah langsung dari Sinuhun karena Sinuhun ikut kirab ya aku kudu ikut kirab ya,” ujarnya.

Gibran menyebut kirab jumenengan ini menjadi suatu pertanda baik.

“Ini jadi pertanda baik lah ya. Yang saya denger semua keluarga diundang. Kayak Gusti Moeng, jadi emang sudah bener-bener sohib banget,” tandasnya. Ando

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com