JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Tips Mengatasi Bibir Kering yang Perlu Dicoba

Bibir seksi
Ilustrsi bibir sehat. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Bibir kering membuat tidak nyaman dan mengurangi rasa percaya diri. Kulit bibir merupakan salah satu kulit paling sensitif di tubuh dan rentan terhadap kekeringan.

Kondisi bibir kering bisa terjadi pada sipa saja, dan ada berbagao tips untuk mencegah dan mengatasi bibir kering.

Berikut ini tips mengatasi bibir kering yang dihimpun dari berbagai sumber:

1. Pahami Masalah

Biasanya bibir lebih kering pada waktu-waktu tertentu dalam setahun. Misalnya selama bulan-bulan yang lebih dingin, atau setelah liburan pantai ketika menghabiskan banyak waktu di luar di bawah sinar matahari.

Melansir byrdie.com, faktanya bibir bisa mengering 10 kali lebih cepat daripada kulit wajah dan tubuh kita, sehingga bibir membutuhkan perlindungan dari angin, matahari, dan bahkan dari air liur. Kemungkinan bibir bisa sensitif terhadap produk tertentu, seperti mentol yang ada pada beberapa lip balm.

Baca Juga :  Miliki Rasa Pahit, Ini Sederet Manfaat Pare untuk Kesehatan

2. Iritasi Bibir

Produk bibir yang mengandung kapur barus, mentol, dan eucalyptus pada awalnya mungkin terasa nyaman pada bibir, tetapi dapat mengeringkan dan mengiritasi bibir anda.

Selain bahan sebelumnya, American Academy of Dermatology menyarankan untuk menghindari bahan-bahan seperti perasa kayu manis, jeruk mint, dan peppermint, parfum, lanolin, octinoxate atau oxybenzone, fenol atau fenil, propil galat, dan asam salisilat.

3. Cuaca

Bibir mengering karena terik matahari. Ini berarti Anda perlu menggunakan SPF pada bibir. Sebaiknya dengan SPF 30 atau lebih tinggi. Cari lip balm yang mengandung titanium oksida atau seng oksida –dan pastikan Anda mengoleskannya kembali setiap dua jam saat berada di luar.

4. Berhenti Menjilat Bibir

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

Keinginan menjilat bibir saat terasa kering pasti sangat menekan Anda, namun itu justru membuat bibir semakin kering dan pecah-pecah. Enzim dalam air liur yang dimaksudkan untuk membantu mencerna makanan akan mengiritasi bibir.

5. Gunakan Pelembab

Produk bibir petroleum jelly dan minyak jarak sangat bagus untuk mencegah hilangnya kelembapan.

6. Hidrasi dengan Minyak Esensial

Minyak atsiri bekerja sangat baik dalam perawatan bibir karena dibuat untuk menutrisi dan melindungi. Carilah produk yang memiliki salah satu dari lima minyak esensial, termasuk minyak mawar geranium, minyak biji wortel, minyak camelia, minyak lavender, minyak almond manis, yang akan membantu memperbaiki dan menutrisi bibir kering. Banyak juga dari minyak esensial ini dikombinasikan dengan minyak kelapa atau minyak zaitun untuk memberikan cara alami dan bergizi pada bibir kering.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com