JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

Berkunjung ke Solo, Gubernur BI Ajak Pelaku Usaha Berdagang Dengan India

Gubernur BI Perry Warjiyo saat mengunjungi stan UMKM dalam acara di hotel Alila Solo, Jumat (3/3/2023) / Foto: Prihatsari
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengajak pelaku usaha untuk menjajaki kerjasama bidang perdagangan dengan India.

Dia menyebut peluang tesebut cukup besar menyusul angka pertumbuhan ekonomi di India yang mencapai 5,8 persen tahun 2022.

Perry mengungkapkan, peluang kerjasama dengan India besar. Tidak hanya bidang perdagangan tapi juga pariwisata, batu bara, hingga energi.

“Bahkan di India sedang gemar pariwisata ke Indonesia, termasuk wilayah Jawa dan Bali. Selain itu, furnitur dan kuliner juga sedang digemari oleh konsumen India. Caranya yaitu mengembangkan pariwisata di sana untuk bisa copy (menyalin) kuliner Indonesia,” ujarnya dalam sambutan seminar nasional Bangkit Bersama dan Semakin Berdaya yang diselenggarakan Keluarga Besar Alumni SMAN 3 Solo Roemah Tiga, Jumat (3/3/2023), di Hotel Alila Solo.

Sementara itu, Perry berharap pertumbuhan ekonomi nasional tahun ini bisa mencapai 5,1 persen. Di sisi lain, seperti yang dikatakan Presiden Joko Widodo, saat ini dunia sedang tidak ramah.

“Kita tidak tahu kapan perang Rusia dan Ukraina akan berakhir. Kita melihat Amerika dan Tiongkok masih berseteru, berdampak pada kondisi ekonomi global yang harus tetap diwaspadai. Ekonomi dunia di akhir tahun ini memang menurun menjadi 2,3 persen, namun demikian ada peluang tahun depan menjadi 2,9 persen,” bebernya.

Di sisi lain, Ketua Umum Roemah Tiga (Roega) Monica Subiakto menambahkan Roega terus fokus terhadap pengembangan UMKM, khususnya UMKM yang dirintis oleh alumni sekolah setempat.

“Tidak menutup kemungkinan, ke depan Roega punya UMKM binaan. Ditambah banyak alumni muda yang paham tentang digitalisasi sehingga bisa dibuatkan marketplace khusus untuk UMKM alumni SMAN 3 Solo,” pungkasnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com