JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

BREAKING NEWS: FIFA Singkirkan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Stadion Manahan yang direncanakan untuk tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Foto ilustrasi. Foto: dok
ย ย ย 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM —Indonesia dipastikan dicoret sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2023 ini. Hal itu menyusul pertemuan antara Presiden FIFA Gianni Infantino dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Doha, Qatar.

Dalam laman resmi FIFA, organisasi sepak bola dunia itu telah memutuskan untuk menyingkirkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Lewat keterangan resminya yang dikeluarkan Rabu (29/3/2023) malam Waktu Indonesia Barat (WIB) itu, FIFA menyatakan tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal penyelenggaraan turnamen yang saat ini masih belum berubah. Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya.

FIFA ingin menggarisbawahi bahwa terlepas dari keputusan ini, FIFA tetap berkomitmen untuk secara aktif membantu PSSI. Itu dilakukan melalui kerja sama yang erat dan dengan dukungan dari pemerintah Presiden Jokowi, dalam proses transformasi sepak bola Indonesia setelah tragedi Kanjuruan yang terjadi pada Oktober 2022 lalu.

Baca Juga :  RS UNS Canangkan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM

Anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang dan akan memberikan bantuan yang diperlukan kepada PSSI, di bawah kepemimpinan Erick Thohir. Pertemuan baru antara Presiden FIFA dan Presiden PSSI untuk diskusi lebih lanjut akan segera dijadwalkan.

Meski sudah membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah, FIFA tetap membantu PSSI dalam pembenahan sepak bola di Tanah Air. Dalam pernyataannya, FIFA masih akan membahas lebih lanjut soal potensi sanksi terhadap Indonesia.

“FIFA ingin menggarisbawahi bahwa terlepas dari keputusan ini, FIFA tetap berkomitmen untuk secara aktif membantu PSSI, melalui kerja sama yang erat dan dengan dukungan dari pemerintah Presiden Jokowi, dalam proses transformasi sepak bola Indonesia setelah tragedi yang terjadi pada Oktober 2022. Anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang dan akan memberikan bantuan yang diperlukan kepada PSSI, di bawah kepemimpinan Presiden (Ketua Umum Erick) Thohir,” bunyi pernyataan resmi FIFA.

Baca Juga :  Spanduk Bernada Provokatif bertuliskanย Spirit of Java, Spirit Suara-nya Warga Surakarta, bukan suara raja di Jembatan Kali Pepe Solo Dicopot Linmas

Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir bertemu di Doha, Qatar, untuk membicarakan perihal status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Dari pertemuan tersebut, tidak tercapai kesepahaman. FIFA kemudian memutuskan, dengan mempertimbangkan situasi di Tanah Air saat ini, untuk mencoret Indonesia sebagai tuan rumah.

“Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal penyelenggaraan turnamen yang saat ini masih belum berubah. Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya,” kata FIFA.(JS)

 

www.republika.co.id

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com