JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Contoh Kultum Tarawih 2023, Ramadhan Sebagai Bulan Kesabaran

Peresmian masjid Umar Hamdan di Dusun Petir Desa Wonoharjo, Kecamatan Nguntoronadi, Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Mau mencari contoh kultum tarawih 2023? Berikut ini kami sampaikan salah satunya.

Kali ini contoh kultum tarawih 2023 mengacu dari pa-tanjungbalai.go.id yang dilansir pada Rabu (22/3/2023) dengan tajuk Ramadhan sebagai bulan kesabaran.

Disebutkan bahwa salah satu nama Ramadhan adalah syahrush shabr. Bulan kesabaran. Mengapa Ramadhan disebut bulan kesabaran? Karena ibadah utama di bulan ini adalah puasa dan puasa adalah separuh kesabaran.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

الصَّوْمُ نِصْفُ الصَّبْرِ

“Puasa itu separuh kesabaran” (HR. Tirmidzi)

Menahan diri inilah bagian dari pendidikan kesabaran yang Allah canangkan melalui puasa. Dan Allah telah menyediakan banyak keutamaan untuk orang-orang yang sabar.

Bahwa ulama mengkategorikan kesabaran pada 3 hal :

Baca Juga :  Di Ujung Tenggara Wonogiri, Kombel Sigap Helat Strategi Peningkatan Kompetensi dan Kinerja

Sabar terhadap nikmat,

sebagai contoh ketika seorang mendapatkan nikmat berupa jabatan, ia bukan hanya perlu bersyukur akan tetapi harus bersabar pula dalam menjalankan jabatannya, sehingga jika ada yang mengajaknya bermaksiat, ia akan mampu menolaknya. Karena kesabaran itu bermakna juga menahan diri.

Sabar terhadap musibah.

Yaitu saat seseorang mendapatkan kesulitan lalu ia pasrah tanpa berusaha menghilangkan kesulitan itu atau mencari solusinya dikatakan sabar.

Sabar terhadap ibadah.

Shalat, Puasa, Zakat adalah implementasi kesabaran kita untuk taat kepada Allah. Artinya seorang mukmin harus sabar menjalankan perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala meskipun perintah itu berat dan dibenci oleh nafsunya.

Seorang mukmin harus tetap taat pada hal-hal yang telah diwajibkan baginya meskipun banyak hal yang merintangi. Saat semua upaya telah dilakukan, saat ikhtiar mencapai batas maksimal, maka saat itulah sabar bertemu dengan tawakal.

Baca Juga :  Launching Film Lembah Manah Asli Karangtengah Wonogiri, Apik dan Epik Meski Low Budget Crew dan Peralatan Terbatas

Maka barangsiapa yang mampu menjadikan dirinya sebagai orang yang sabar, Allah berjanji dan memberikan pengakuan/sertifikat bahwa Allah bersama orang-orang yang sabar. Seseorang yang telah sabar, ia akan diliputi dan dinaungi Allah SWT dengan rahmat-Nya, perlindungan-Nya, pertolongan-Nya, dan ridho-Nya. Adapun dzat Allah tidak sama dengan makhluk-Nya. Allah SWT berfirman :

Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar (QS. Al-Baqarah : 153)

Semoga di bulan Ramadhan 2023 yang juga dikenal sebagai bulan kesabaran ini kita mampu melatih kesabaran kita dan dikuatkan kesabaran kita oleh Allah SWT. Aamiin. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com