JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Prajurit TNI 074/Warastratama Antusias Ikuti Capacity Building dari Alumni FISIP UNS. Cerita Soal Hoaks hingga Kekerasan Seksual

Prajurit TNI di lingkungan Korem 074/Warastratama sedang mengikuti capacity building oleh Alumni FISIP UNS. Foto: dok
   

 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM —Keluarga Alumni (KA) FISIP UNS mengadakan Capacity Building untuk prajurit TNI di jajaran Korem 074/Warastratama Surakarta dalam rangka Dies Natalis ke 47 UNS, Selasa (14/03/2023).  Kegiatan dibuka langsung oleh Komandan Korem 074/Warastratama Kolonel Inf Anan Nurakhman S.IP.

 

Hadir dalam kegiatan ini Rektor UNS Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M. Hum, Dekan FISIP UNS Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, Ketua KA FISIP UNS Drs. Pandapotan Rambe, M.Si. Hadir pula Kepala Staf Korem Letkol Inf Agus Adhy Darmawan, S.IP., M.I.Pol.

 

Acara itu diikuti para Komandan Kodim dan 200 Prajurit Korem 074/Warastratama beserta jajaran Kodim. Siang harinya diadakan juga capacity building bagi 150 ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana di lingkup Korem 074/Warastrama dan jajaran Kodim.

 

Mengawali sambutannya pada upacara pembukaan, Danrem 074/Warastratama mengucapkan selamat untuk Dies Natalis UNS ke 47. “Semoga UNS semakin maju,  semakin berkualitas pendidikannya dan menjadi universitas yang dihandalkan,” kata Danrem.

Baca Juga :  Ribuan Kaum Muslimin Laksanakan Salat Idul fitri 1445 H di Halaman Edutorium UMS

 

Menurut Danrem, di era globalisasi saat ini masyarakat menghadapi situasi yang semakin kompleks di lapangan. Sehingga para prajurit harus mempunyai bekal-bekal pengetahuan. “Ilmu pengetahuan ini sangat penting bagi kita dan tidak bisa lagi hanya mengandalkan fisik di lapangan,” ujar Kolonel Inf Anan Nurakhman.

 

“Melalui kegiatan Capacity Building dari KA FISIP UNS ini diharapkan para Prajurit membuka wawasan, menambah pola pikir dan pengetahuan. Apalagi materinya sangat berkaitan dengan tugas-tugas prajurit di masyarakat. Seperti berkomunikasi, literasi digital, penggunaan media massa hingga persoalan gender dan kekerasan seksual,” Danrem menambahkan.

 

Sementara itu Rektor UNS, Prof Jamal Wiwoho, mengucapkan terima kasih atas kerja sama antara Korem 074/Warastaratama dengan KA FISIP UNS. “Saya mengapresiasi kegiatan Capacity Building ini, apalagi dengan penyampaian beberapa materi yang penting,” kata Prof Jamal. Menurut Jamal, materi yang disampaikan bagus-bagus dan sangat berguna bagi prajurit saat bertugas di teritorial masyarakat.

 

Baca Juga :  Diduga Penyakit Jantung Kumat, Pengemudi Kijang Oleng Hingga Tabrak Lapak Pedagang Buah di Kawasan Pasar Klewer Solo

Capacity Building bagi prajurit, dilaksanakan dengan pemberian empat materi dari para alumni FISIP UNS, yaitu Etika dan Komunikasi Non Verbal yang disampaikan oleh Drs. Pandapotan Rambe, M.Si, Literasi Digital oleh Erwina Tri Sulistyaningrum, S.Sos, Literasi Media oleh Dr. Sri Syamsiyah Lestari, M.Si dan Wawasan Gender & Anti Kekerasan Seksual oleh Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si. Kegiatan dipandu Ketua PWI Surakarta, Anas Syahirul yang juga penasihat KA FISIP UNS.

 

Adapun Capacity Building bagi ibu-ibu Persit, dilaksanakan dengan pemberian tiga materi, yaitu Public Speaking oleh Retno Wulandari M.Si, literasi digital oleh Niken Satyawati, S.Sos, M.I.Kom dan literasi keuangan oleh Evy Sulistyawati. Kegiatan dipandu anggota KA FISIP UNS, Muhammad Iqbal S.Sos, MM.

 

Acara berlangsung seru dan dinamis, serta diwarnai banyak doorprize bagi peserta yang aktif. Para prajurit tampak antusias mengikuti pemaparan materi yang mereka ikuti. Mereka merasa mendapat bekal wawasan yang bisa digunakan dalam bertugas di masyarakat. (ASA)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com