JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sejumlah Penyebab Tumit Kaki Kering dan Pecah-Pecah

Tumit pecah-pecah. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Kulit tumit kaki kering dan pecah-pecah merupakan kondisi umum yang sering dialami banyak orang. Mengutip WebMD, meski umum kondisi tumit pecah-pecah yang parah bisa terinfeksi.

Kondisi tumit pecah-pecah diawali dengan kulit yang menjadi keras dan kering. Ketika kulit di sekitar tumit menjadi kering dan menebal, itu menjadi awal munculnya pecah-pecah.

Kulit yang kering dan tebal akan membentuk retakan atau celah tumit. Kondisi itu tersebab tekanan ekstra di bantalan lemak tumit. Penyebabnya antara lain karena memakai alas kaki bertumit terbuka seperti sandal, memakai sabun yang keras kandungannya, kulit kering, cuaca dingin, dan terlalu lama berdiri.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Kondisi yang menyebabkan tumit pecah-pecah

1. Hipotiroidisme, kondisi tiroid tidak menghasilkan cukup hormon tertentu.

2. Dermatos plantar kondisi kulit anak kecil.

3. Sindrom sjogren, kondisi kronis yang mencegah tubuh menghasilkan kelembapan yang cukup.

4. Kaki yang mengalami infeksi jamur.

5. Tonjolan tulang di bagian bawah tumit.

Merujuk Cleveland Clinic, kulit kering tersebab kombinasi dari beberapa faktor berlainan. Berbagai faktor tersebut meliputi umur, trauma, dan perawatan yang kurang. Seiring bertambahnya usia, kulit akan berubah. Kerusakan akibat sinar matahari, produksi minyak yang menurun, dan berkurangnya ketebalan kulit yang menurun mempengaruhi tumit pecah-pecah.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Kulit bisa mengering akibat gesekan berulang dan terus-menerus terpapar tumpuan yang keras. Terkadang kulit kering bisa menjadi tanda kondisi mendasar yang lebih serius. Dalam beberapa kasus, kulit tumit yang kering dan pecah-pecah menandakan dermatitis atopik, atau eksim, infeksi jamur atau kekurangan nutrisi.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com