Site icon JOGLOSEMAR NEWS

Serap Tenaga Kerja, Pemkot Solo Fasilitatori Dunia Usaha dan Sekolah Vokasi

Wakil Walikota Solo Teguh Prakosa dalam  Penandatanganan Kerjasama PT BIRU dengan Pemerintah Daerah Surakarta untuk Program Pelatihan 5 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) / Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM –  Pemerintah Kota Solo siap menjadi fasilitator antara sekolah vokasi dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

Salah satunya, dengan PT BISA Ruang Nuswantara (BIRU), di mana hal itu dilakukan untuk menjaga keterserapan tenaga kerja dari lulusan sekolah vokasi semakin besar.

Wakil Walikota Solo, Teguh Prakosa mengatakan, setelah menyelesaikan studi, kompetensi lulusan sekolah vokasi bisa segera dimanfaatkan DUDI.

Dalam hal ini, tugas pemerintah yakni memastikan anak didik di sekolah vokasi bisa belajar berbagai teknologi yang dibutuhkan DUDI.

“Nantinya bisa terserap sebagai tenaga kerja di DUDI sesuai bidang kemampuannya. Perlu dipersiapkan sejak dini, karena setelah dari sekolah, ada tempat-tempat untuk bekerja secara langsung dengan teknologi yang sudah dipelajari sebelumnya,” ujarnya usai Penandatanganan Kerjasama PT BIRU dengan Pemerintah Daerah Surakarta untuk Program Pelatihan 5 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Kamis (25/5/2023), di SMK Warga Solo.

Sementara itu, Komisaris PT BIRU, Dian Andyasuri menambahkan, kerjasama dengan SMK Warga sudah terjalin sejak 2018.

Salah satunya dengan program Sekolah BUMA dimana siswa SMK Warga dikirim untuk mengikuti pelatihan menjadi operator alat sekaligus dididik untuk membuat alat-alat.

“Salah satu tujuan kami, membuat mereka siap kerja di DUDI. Untuk ditempatkan di berbagai perusahaan termasuk di grup kami. Sementara ini, memang baru di bidang pertambangan. Ke depan kami akan mengembangkan sektor-sektor lain lebih banyak lagi,” imbuhnya.

Ditambahkan Direktur PT BIRU, Kristiyanto Widyawan, pihaknya memberikan keleluasaan lulusan sekolah vokasi untuk bekerja di mana saja dengan keahlian yang diberikan PT BIRU.

“Namun khusus di BUMA, keterserapan tenaga kerjanya dari Solo mencapai 78 persen. Kontrak kerjasama ini bertujuan memperkuat kemitraan dalam bidang pendidikan vokasi dan menyediakan tenaga kerja yang siap kerja dan berkarakter sesuai dengan kualifikasi industri,” bebernya. Suhamdani

Exit mobile version