JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Desa Conto Bulukerto Wonogiri, Sumbang PAD Ratusan Juta Andalkan Gua Resi dan Soko Langit Masuk Nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia

Desa Wisata
Panorama Desa Conto Bulukerto Wonogiri yang masuk nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia. Foto : istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Salah satu desa wisata kebanggaan Wonogiri adalah Desa Conto Bulukerto Wonogiri.

Yang membanggakan adalah Desa Conto Bulukerto Wonogiri masuk nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).

Kepala Desa atau Kades Conto Rudi Cahyono mengatakan, potensi unggulan Desa Conto Bulukerto Wonogiri adalah keindahan alam. Desa Conto Bulukerto Wonogiri berada di lereng selatan Gunung Lawu, sehingga mempunyai udara sejuk, pemandangan pegunungan dihiasi pertanian dan perkebunan yang permai.

Adapun obyek wisata andalan Desa Conto Bulukerto Wonogiri, yakni Gua Resi dan Soko Langit. Kedua obyek wisata itu dibangun di puncak bukit, dihiasi taman, gazebo, kolam renang, kuliner dan sebagainya.

Kades Conto Rudi Cahyono mengungkapkan, obyek wisata Gua Resi menempati lahan kas desa seluas 10.450 meter persegi. Pengelolaannya bekerja sama dengan Kasiman, seorang tokoh masyarakat setempat. Adapun pemerintah desa mendapatkan bagi hasil sebesar 25% dari pendapatan obyek wisata.

Baca Juga :  Perantau Wonogiri Pilih Mudik Libur Kenaikan Kelas, Bukan Saat Lebaran

Pengelolaan pariwisata desa tersebut telah menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PADes) tahun 2022 lalu sebesar Rp 170 juta. PADes itu berasal dari bagi hasil sebesar 25% pendapatan obyek wisata. Dengan demikian pendapatan obyek wisata selama 2022 lalu lebih dari Rp 600 juta.

Pemerintah desa setempat juga telah menganggarkan dana untuk pengembangan sumberdaya manusia (SDM) setiap tahun. Ke depan pihaknya juga akan mengembangkan wisata edukasi di desa tersebut.

Hal itu patut diapresiasi karena telah membuktikan adanya kekompakan. Menurutnya, itu tidak mudah karena dalam prosesnya pasti ada tarik menarik kepentingan dan perbedaan pendapat.

Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf Indra Ni Tua mengatakan, wisata di Desa Conto Bulukerto Wonogiri mempunyai model kerja sama yang patut dijadikan contoh.

Baca Juga :  Meningkatnya Jumlah Angkatan Kerja di Wonogiri, Pilih Bekerja atau Berwirausaha?

“Ada warga lokal yang mau bersama membangun potensi wisata. Ada pembentukan kelembagaan, mengundang kekuatan lokal, operasi dan pembagian pendapatan. Ini model bisnis yang luar biasa,” kata Indra Ni Tua, saat berkunjung ke Desa Conto Bulukerto Wonogiri, Selasa (13/6/2023).

Keberhasilan menciptakan model bisnis luar biasa di bidang pariwisata itulah yang membuat Desa Conto Bulukerto Wonogiri masuk 75 besar ADWI.

“Ini salah satu yang terbaik dari 4.573 desa di Indonesia yang diikutkan ADWI,” ujar Indra Ni Tua.

Masih banyak potensi tersembunyi di Desa Conto Bulukerto Wonogiri. Dengan teknologi digital, potensi bisa dimunculkan. Salah satunya dengan menggelar lomba konten atau video sehingga obyek-obyek wisata Desa Conto Bulukerto Wonogiri akan semakin populer. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com