JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Jadwal PPDB SD SMP Wonogiri 2023, Lengkap di Sekolah Negeri dan Swasta

Ilustrasi seorang siswi melihat pengumuman hasil PPDB. Dok/JSnews
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Orang tua maupun wali yang akan mencarikan sekolah di jenjang lebih tinggi untuk putra putrinya wajib simak penjelasan mengenai jadwal PPDB SD SMP Wonogiri 2023.

Untuk diketahui ternyata tahapan penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Wonogiri sudah dimulai.

Lantas seperti apa jadwal PPDB SD SMP Wonogiri 2023 itu?

Kepala Disdikbud Wonogiri Sriyanto menerangkan soal jadwal PPDB SD SMP Wonogiri 2023.

Menurut Kepala Disdikbud Wonogiri Sriyanto, jadwal PPDB SD baik negeri maupun swasta, tahapan pendaftaran dimulai pada Senin (12/6/2023) hingga Jumat (16/6/2023).

Untuk pendaftaran SD dilakukan secara luring atau offline.

Sementara itu untuk pendaftaran SMP Negeri dimulai pada Selasa (20/6/2023) hingga Jumat (23/6/2023).

Kepala Disdikbud Wonogiri Sriyanto membeberkan pendaftaran SMP Swasta dimulai pada Selasa (20/6/2023) dan ditutup pada Sabtu (24/6/2023) atau selisih satu hari dibandingkan penutupan pendaftaran SMP negeri.

Baca Juga :  Bupati Wonogiri Jalani Coklit, Tak Ada yang Berubah Selain Umur yang Bertambah

“SD mendaftar langsung ke sekolah atau offline. Kalau SMP daftarnya online, lewat aplikasi,” sebut Kepala Disdikbud Wonogiri Sriyanto, Senin (12/6/2023).

Untuk jadwal PPDB SD SMP Wonogiri 2023, Disdikbud Wonogiri menggunakan zonasi RT.

Kepala Disdikbud Wonogiri Sriyanto, mengatakan pelaksanaan PPDB di Wonogiri mengacu pada Perbup Nomor 13 tahun 2023 yang mana PPDB masih menggunakan sistem zonasi RT.

“Apa itu zonasi RT? Maknanya adalah di RT mana sekolah itu berada, maka anak di RT tersebut bisa masuk semuanya,” jelas Kepala Disdikbud Wonogiri Sriyanto.

Menurut Kepala Disdikbud Wonogiri Sriyanto sistem PPDB mengakomodasi masyarakat di RT sekolah berada.

Seluruh anak yang berada satu RT dengan sekolah bisa langsung diterima tanpa dibatasi.

Baca Juga :  Berbagi Kebahagiaan Idul Adha, Hewan Kurban OSIS SMPN 1 Jatisrono Wonogiri Mendarat dengan Selamat di Dusun Mendak Petirsari Pracimantoro

“Kalau RT semua masuk, perangkingan pertama RT itu, otomatis diterima. Setelahnya jalur prestasi dan perpindahan tugas orang tua,” terang Kepala Disdikbud Wonogiri Sriyanto.

Pihaknya menyebut calon siswa yang berada di luar RT ketika ingin mendaftar, bisa menggunakan prestasi atau nilai raport dan prestasi lain jika ada

Kepala Disdikbud Wonogiri Sriyanto menerangkan jalur prestasi menggunakan raport dan prestasi lain seperti olahraga maupun seni budaya yang bisa dikonversikan nilainya.

Meskipun begitu, dalam Perbup No 13 tahun 2022 itu diatur bahwa sistem raport mempertimbangkan nilai asesmen nasional berbasis komputer atau ANBK (Literasi dan Numerasi).

“Ada komponen literasi dan numerasi. Secara nasional sudah ada standar peringkat untuk ANBK. Langsung dari Kementerian, muncul penilaian tentang pemeringkatan sekolah,” tutur Kepala Disdikbud Wonogiri Sriyanto. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com