JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Tawangria 2023, Desa Tawangrejo Jatipurno Wonogiri Mencapai Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan Melalui Ekowisata

Tawangria
Kesuksesan perhelatan Tawangria 2023 di Desa Tawangrejo Jatipurno Wonogiri mendongkrak geliat ekonomi UMKM. Dok. Panitia
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pada 29-30 Juli 2023, Desa Tawangrejo Jatipurno Wonogiri merayakan momen bersejarahnya melalui acara “Tawangria 2023”. Acara ini berhasil mencapai tujuan mulia dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan potensi ekowisata, dan menjadi tonggak sejarah bagi Desa Tawangrejo Jatipurno Wonogiri.

Tawangria 2023 merupakan hasil kerjasama yang luar biasa antara pemuda dari Karang Taruna Desa Tawangrejo Jatipurno Wonogiri, mahasiswa KKN-T dari Institut Pertanian Bogor, serta dukungan penuh Pemerintah Desa Tawangrejo dan Kecamatan Jatipurno.

Acara ini melibatkan partisipasi 65 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal yang berkontribusi dalam menghidupkan kegiatan ekonomi lokal.

Selama dua hari, Tawangria 2023 menyajikan beragam acara menarik, di antaranya lomba memasak, lomba hias stand antar dusun, dan lomba layang-layang.

Acara ini juga menampilkan beragam hiburan, termasuk penampilan grup musik Old Band, tarian-tarian tradisional, dan kesenian Ganongan. Tak heran, ribuan masyarakat dari dalam dan luar Desa Tawangrejo turut memadati acara tersebut.

Baca Juga :  Cara MGMP PAI Wonogiri Kuatkan Profil Pelajar Pancasila

Rusdi Pabrianto, Ketua Karang Taruna Desa Tawangrejo dan Ketua Panitia Bazar Tawangria 2023, dengan bangga menyampaikan kesuksesan acara ini. Tawangria 2023 merupakan acara pertama di Desa Tawangrejo Jatipurno Wonogiri yang mampu membangkitkan semangat baru dalam memajukan sektor ekonomi dan ekowisata desa. Kolaborasi antara pemuda Karang Taruna, mahasiswa KKN-T, dan dukungan dari pemerintah setempat menjadi bukti nyata bahwa kebersamaan dapat menghadirkan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi desa.

Melalui Tawangria 2023, Tawangrejo berusaha mengembangkan dirinya menjadi Destinasi Wisata yang menarik bagi wisatawan. Bazar Festival ini menjadi momentum bagi masyarakat untuk mengembangkan potensi komoditas lokal menjadi produk bernilai tinggi.

“Keindahan alam di lokasi bazar diharapkan juga dapat menjadi daya tarik wisata yang memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat,” ungkap dia, Senin (31/7/2023)

Tawangria 2023 telah membuka pintu bagi pertumbuhan ekonomi kreatif dan inovatif di Desa Tawangrejo. Keberhasilan acara ini menjadi langkah awal yang memberikan dorongan bagi Pemerintah Desa Tawangrejo dalam mewujudkan visi menjadikan desa tersebut sebagai destinasi wisata yang menonjol, terutama di area persawahan Lor Tawang.

Baca Juga :  Edan! Jumlah Pengangguran Wonogiri Tembus 14 Ribu Orang

Rusdi Pabrianto berharap bahwa setelah melalui evaluasi, akan ada event-event serupa bahkan lebih besar di masa depan yang dapat diadakan di area persawahan Lor Tawang. Karang Taruna Desa Tawangrejo optimis dan bersemangat untuk terus membantu membangun Desa Tawangrejo menjadi lebih baik dan berdaya saing tinggi.

Tawangria 2023 telah berhasil membuktikan bahwa semangat kolaborasi dan inovasi dari para pemuda dan masyarakat desa mampu mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan melalui ekowisata.

Dengan kerjasama yang solid, Desa Tawangrejo telah membuktikan bahwa sebuah desa dapat mencapai perkembangan yang positif dan berkelanjutan. Acara ini memberikan inspirasi bagi desa-desa lain untuk menggali potensi lokal dan mengembangkan ekonomi mereka melalui sektor ekowisata yang menjanjikan. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com