JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Bahaya Mengkonsumsi Enthung Johar, Bisa Keracunan hingga Picu Penyakit Menular

Enthung johar
Enthung johar. Group Facebook Kuliner Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Kepompong ulat johar alias enthung johar merupakan salah satu makanan tradisional yang cukup populer di Indonesia.

Makanan ini terbuat dari kepompong ulat yang berasal dari pohon johar. Enthung johar memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, sehingga sering dianggap sebagai sumber protein yang baik.

Meskipun demikian, konsumsi enthung juga dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Tentunya disini tidak membahas soal haramnya mengkonsumsi enthung johar.

Berikut ini adalah beberapa bahaya mengkonsumsi enthung johar atau kepompong johar:

1. Alergi

Enthung memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein inilah yang dapat menjadi pemicu alergi bagi sebagian orang. Gejala alergi yang dapat muncul setelah mengkonsumsi enthung johar antara lain gatal-gatal, bengkak, ruam, hingga sesak napas.

Baca Juga :  Bosan Makan Daging Kurban? Coba Menu Ini!

2. Gangguan pencernaan

Enthung mengandung chitin, yaitu sejenis serat yang sulit dicerna oleh tubuh manusia. Konsumsi enthung johar yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan, seperti mual, muntah, diare, hingga sembelit.

3. Keracunan

Enthung yang tidak diolah dengan baik dapat mengandung racun. Racun ini dapat berasal dari sisa-sisa makanan yang dikonsumsi oleh ulat atau dari lingkungan tempat ulat hidup. Keracunan enthung johar dapat menyebabkan berbagai gejala, mulai dari mual, muntah, diare, hingga kejang-kejang.

4. Penyakit menular

Enthung johar yang tidak diolah dengan baik juga dapat menjadi media penularan penyakit menular, seperti penyakit cacing, penyakit hati, atau penyakit TBC.

Baca Juga :  Bupati Wonogiri Jalani Coklit, Tak Ada yang Berubah Selain Umur yang Bertambah

Untuk menghindari bahaya mengkonsumsi enthung johar, sebaiknya konsumsi enthung johar yang telah diolah dengan baik. Enthung dapat diolah dengan berbagai cara, seperti digoreng, direbus, atau dibakar. Selain itu, sebaiknya konsumsi enthung johar dalam jumlah yang wajar.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengolah enthung johar dengan baik:

– Pilih enthung johar yang segar dan tidak berbau busuk.
– Bersihkan enthung johar dengan air bersih.
– Rebus enthung johar hingga matang.
– Tiriskan enthung johar hingga kering.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, Anda dapat menikmati enthung dengan aman dan tanpa khawatir akan bahaya kesehatan. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com