JOGLOSEMARNEWS.COM Market

6 Perbedaan Emas Antam dan UBS, Wajib Dipahami Sebelum Berinvestasi!

Ilustrasi logam mulia. pexels
   

Emas adalah jenis logam mulia yang cukup populer di Indonesia. Baik itu untuk perhiasan hingga tujuan investasi. Namun ketika Anda mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam emas, memahami perbedaan emas Antam dan UBS jelas sangatlah penting.

Sehingga nantinya, Anda akan lebih mudah dalam menentukan pilihan untuk pembelian sesuai kebutuhan. Keduanya memiliki perbedaan dalam hal merek, produsen, hingga layanan lain yang disediakan oleh masing-masing produsen. Lantas, apa bedanya?

6 Perbedaan Emas Antam dan UBS, Wajib Dipahami Sebelum Berinvestasi!

Inilah enam perbedaan emas Antam dan UBS yang perlu Anda pahami sebelum membeli.

1. Produsen

Antam diproduksi oleh PT Aneka Tambang, Tbk, yang tidak hanya fokus pada emas. Tetapi juga menghasilkan berbagai jenis tambang lainnya seperti nikel, bauksit, perak, dan batubara. Di sisi lain, PT Untung Bersama Sejahtera memperkenalkan emas batangan UBS. Produknya dikenal melalui merek UBS Gold Lifestyle dan Axel Vinesse, menawarkan berbagai pilihan perhiasan emas kepada konsumen.

2. Sertifikat

Emas Antam memiliki keunggulan dengan sertifikat internasional LBMA yang memudahkan penjualan di seluruh dunia. Sementara emas ubs memiliki sertifikat nasional yang membuatnya sulit dijual di luar negeri, terutama untuk ukuran di bawah 5 gram.

3. Dimensi

Cukup sulit untuk membedakan antara emas Antam dan juga UBS hanya dengan melihat sekilas, karena keduanya memiliki kandungan emas yang sama. Namun, perbedaan dimensi yang disebutkan dapat menjadi petunjuk untuk membedakannya. Dimana emas Antam cenderung lebih kecil dan tebal, sementara UBS sedikit lebih lebar. Meskipun begitu, keduanya tetap memiliki kandungan emas yang sama, yaitu 99,99%.

4. Harga

Emas Antam cenderung memiliki harga yang lebih tinggi karena PT Antam mendominasi pasar aset berharga ini di Indonesia. Meskipun harga emas cenderung fluktuatif dalam jangka pendek karena perubahan pasar, secara keseluruhan, harga logam mulia mengalami kenaikan setiap tahunnya. Meskipun demikian, harga antara emas Antam dan UBS seringkali berbeda.

5. Ukuran

PT Antam menyediakan berbagai produk logam mulia dengan ukuran yang bervariasi. Mulai dari ukuran kecil seperti 0,5 gram hingga 10 gram, serta ukuran besar seperti 25 gram, 50 gram, dan 1 kg. Di sisi lain, UBS juga menawarkan produk logam mulia dengan berbagai ukuran. Ukurannya mulai dari 0,5 gram hingga 10 gram untuk ukuran kecil, dan 25 gram hingga 100 gram untuk ukuran besar.

6. Tempat Pembelian

Emas Antam memiliki harga yang lebih tinggi karena dapat dibeli langsung di Unit Bisnis Antam di Pulogadung, Jakarta Timur, serta toko emas Antam di berbagai kota. Selain itu, Antam juga menyediakan layanan penjualan online.

Di sisi lain, emas UBS dapat dibeli di toko emas, pegadaian, dan platform belanja online resminya, namun tidak memiliki pusat penjualan khusus offline seperti Antam. Namun, baik emas Antam maupun emas UBS, keduanya merupakan jenis emas yang bisa dibeli di berbagai tempat seperti toko emas hingga platform belanja online seperti Blibli.

Blibli sendiri menawarkan beragam produk dari berbagai merek dan jenis, termasuk emas Antam dan UBS. Sehingga nantinya, Anda mempunyai lebih banyak pilihan dalam menentukan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan yang Anda inginkan. Apapun jenis emas yang Anda inginkan, semuanya ada di Blibli!

 

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com