JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Supaya Lancar Ibadah, ini 5 Persiapan Menyambut Puasa Ramadhan 2024

Masjid
Masjid Gunung Cilik di Pakem Sumberagung Pracimantoro Wonogiri. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Bulan penuh berkah ampunan dan rahmat yang dinanti umat Islam segera datang. Ya, bulan puasa Ramadhan 2024 sudah semakin mendekat.

Tentunya sejak saat ini kita harus melakukan persiapan menyambut puasa Ramadhan 2024 itu. Hal itu dilakukan supaya muara tujuan puasa yakni insan yang derajat takwanya lebih tinggi tercapai.

Lantas apa saja persiapan menyambut puasa Ramadhan 2024 tersebut?

Melansir baznasjabar.org, berikut ini ada 5 persiapan menyambut puasa Ramadhan 2024.

1. Perkuat Iman dan Takwa

Sesuai hadits Nabi SAW, dari Abu Hurairah, ia berkata:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 38 dan Muslim no. 760).

Iman adalah perkara paling dasar yang harus dimiliki umat Islam. Karena iman adalah kepercayaan, dengan beriman kepada Allah SWT, dapat menyelamatkan manusia baik dalam kehidupan di dunia, maupun kehidupan di akhirat kelak, karena Allah SWT hanya akan menolong hamba-Nya yang beriman dan bertakwa.

Baca Juga :  Deretan Makanan Khas Lebaran Wonogiri yang Menggugah Selera

2. Perdalam ilmu agama

Bulan Ramadhan akan lebih maksimal jika kita mengetahui ilmu-ilmu yang berkaitan dengan bulan puasa Ramadhan 2024 sehingga dapat membekali kita dalam menjalani ibadah di bulan puasa Ramadhan 2024 terutama ilmu-ilmu tentang amalan di bulan Ramadhan seperti hikmah puasa Ramadhan, salat tarawih, membaca Al-Quran, I’tikaf di masjid, dan Zakat Fitrah.

Dengan mengetahui ilmu-ilmu yang berkaitan dengan Ramadhan, maka kita akan lebih siap dalam melaksanakan amalan-amalan di bulan puasa Ramadhan 2024.

3. Menguatkan niat

Sebelum bulan Ramadhan datang, kita perlu memantapkan niat untuk menjalankan ibadah karena Allah dengan ikhlas dan hanya untuk mencari ridho Allah semata, tanpa ada niatan yang lainnya. Fokuskan tujuan ibadah hanya untuk menghadap Allah SWT.

4. Persiapkan kesehatan fisik dan jasmani

Menghadapi perubahan pola makan, tentunya kita harus mempersiapkan kesehatan fisik dan jasmani sedemikian rupa. Apalagi mengingat hukum ibadah puasa Ramadan itu wajib, kecuali orang-orang dengan kondisi tertentu.

Baca Juga :  Turnamen Bola Voli Putra Manyaran Cup XVI 2024, Diikuti 45 Klub Catat Tanggal Mainnya

5. Membayar puasa sebelumnya

Sebelum memasuki awal puasa Ramadhan, kita diwajibkan untuk mengganti atau mengqadha hutang puasa di Ramadhan sebelumnya.

Karena puasa yang kita tinggalkan pada bulan Ramadan wajib diganti, kecuali bagi orang lanjut usia yang bisa menggantinya dengan membayar fidyah.

Terdapat beberapa golongan yang diberi keringanan untuk tidak berpuasa di bulan puasa Ramadhan, mereka adalah orang yang sakit, musafir, dan wanita yang sedang haid dan nifas. Ketiga golongan tersebut harus membayarkan puasa Ramadhan yang mereka tinggalkan, seperti tertulis dalam ayat berikut:

وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ

“Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.” (QS. Al Baqarah: 185)

Semoga kita semua Allah sehatkan jasmani dan rohani sehingga bisa memaksimalkan ibadah di bulan puasa Ramadhan 2024 nanti. Aamiin. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com