Site icon JOGLOSEMAR NEWS

Punakawan Ajak Warga Binaan Rutan Solo untuk Tidak Golput

Melalui hiburan Punakawan, KPU Solo melakukan sosialisasi kepada warga binaan di rumah tahanan (Rutan) Solo untuk tidak Golput dalam Pemilu 2024 mendatang | Foto: Ando

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Empat  orang berpakaian tokoh Punakawan, yakni Semar, Gareng, Petruk dan Bagong melakukan sosialisasi untuk tidak Golput pada warga binaan rumah tahanan (Rutan) Solo, Jumat (2/2/2024).

Ketua KPU Solo, Bambang Christanto mengutarakan, dari data sementara ada 438 ditambah 173 warga binaan yang menjadi target sosialisasi.

“Kita melayani di lokasi khusus ini dengan mereka yang sudah ber-KTP Solo dan juga mereka yang sudah masuk DPT. Kita update juga berkaitan dengan Dapil karena tidak semua di rutan asli warga Solo,” ungkap Bambang.

Lebih jauh Bambang menjelaskan, sosialisasi pada warga binaan Rutan Solo sendiri lebih kepada persoalan bagaimana menggunakan surat suara sah dan tidak sah.

“Kita upayakan kita sampaikan agar warga binaan tidak Golput. Mencoblos, supaya hak suaranya sah dan tidak Golput,” katanya.

Pada Pemilu tahun ini, Bambang menjelaskan, tingkat partisipasi minimal bisa di atas 80%.

“Kalau kemarin di 2019 kita dipatok di 77,5%. Kalau di 2024 ini KPU dipatok angka partisipasi minimal di atas 80%. Ini salah satu upaya KPU Surakarta pada warga binaan untuk memastikan mereka untuk terlindungi hak konstitusinya, hak pilihnya. Nanti juga ikut berpartisipasi agar di Kota Solo juga naik,” tandasnya. Ando

Exit mobile version