JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

ASN Sragen Mendapatkan Layanan Penukaran Uang Baru dari Bank Indonesia Solo

ilustrasi
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Bank Indonesia (BI) Solo memberikan layanan penukaran uang layak edar khusus bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kabupaten Sragen pada hari Jumat (22/3/2024).

Kegiatan ini bertempat di halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Sragen dengan menghadirkan tiga mobil kas keliling dari BI, Bank Jateng, dan Bank Syariah Indonesia.

Sebanyak 300 paket penukaran uang disediakan, dengan maksimal Rp 3,7 juta per orang dalam pecahan Rp 20 ribu, Rp 10 ribu, Rp 5 ribu, dan Rp 2 ribu.

Selain untuk ASN, BI Solo juga akan mengadakan penukaran uang bagi masyarakat umum melalui bank-bank umum di Sragen mulai tanggal 1 hingga 5 April 2024. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di akun Instagram Bank Indonesia.

Pada kesempatan ini, BI juga melakukan sosialisasi tentang cara menggunakan, mengenali, merawat, dan mengetahui ciri-ciri uang rupiah kepada para ASN.

Apresiasi untuk ASN dan Persiapan Ramadhan

Kepala Bagian Perekonomian Setda Sragen, Wisarto Sudin, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi BI kepada masyarakat dengan menggelar layanan tukar uang dan sosialisasi, khususnya kepada ASN Kabupaten Sragen.

Baca Juga :  Video: Detik-detik Tongkat Komando Kapolda Jateng Terjatuh Saat Mendampingi Presiden Jokowi di Sragen

“Hari ini khusus ASN Sragen disiapkan 300 paket. Dalam 1 paket tiap orang menyiapkan uang Rp 3,7 juta yang nanti ditukarkan pecahan. Kupon sudah disiapkan oleh Bagian Perekonomian dan telah dibagikan kepada ASN yang ingin menukarkan,” terangnya.

Kepala Perwakilan BI Solo, Dwiyanto Cahyo, mengungkapkan bahwa BI Solo menyiapkan penukaran uang kecil sebanyak Rp 4,3 triliun yang dibagi-bagi alokasinya untuk seluruh Kabupaten/Kota di Solo Raya.

“Mudah-mudahan keberadaan mobil kas keliling ini bisa memenuhi kebutuhan ASN di Kabupaten Sragen. Bisa untuk memberikan fitrah kepada sanak saudara maupun zakat. Semoga berjalan lancar dan tertib,” imbuhnya.

Kebutuhan Uang Masyarakat dan Tradisi Lebaran

Direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Pusat, Fariz Budiawan, menambahkan bahwa Bank Indonesia dalam momen Ramadhan setiap tahunnya memberikan layanan penukaran uang kepada masyarakat.

“Bank Indonesia menyiapkan Rp 198 triliun untuk kebutuhan masyarakat selama ramadhan dan Idul Fitri. Silahkan melakukan penukaran dan telah disediakan paketnya Rp 3,7 juta. Yang butuhnya Rp 2 juta juga dilayani. Namun jika Rp 5 juta belum bisa kami layani,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pertama di Sragen Partai Nasdem Berikan Rekom Pada Untung Wibowo Sukawati Untuk Maju Pilkada Sragen 2024

Wakil Bupati Sragen, H. Suroto, yang hadir pada saat itu berkesempatan menukarkan uang sejumlah Rp 3,7 juta dan mengapresiasi kerjasama dengan BI.

“Saya ucapkan terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya dengan Bank Indonesia yang telah rutin melakukan layanan penukaran uang baru di Kabupaten Sragen. Penukaran uang ini sudah tradisi untuk memberikan fitrah kepada keluarga kita,” jelasnya.

Salah satu ASN Kabupaten Sragen, Sri Wilastri, mengaku senang dengan adanya layanan penukaran uang baru ini.

“Yang jelas ditradisi kita kalau lebaran itu rasanya senang mendapat uang baru. Apalagi anak-anak kecil kalau mendapat fitrah pasti senang sekali dapat uang baru. Dengan momen lebaran ini juga sekaligus kita membagi rejeki kepada saudara kita,” imbuhnya.

(*) Sumber : Pemkab Sragen

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com