JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Wonogiri Siapkan Penilaian Akhir Tahun, Fokus Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Layanan Prima Siswa

Mata pelajaran
Rakor MKKS SMP Kabupaten Wonogiri bersama MGMP dan MGBK. Foto : istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Wonogiri menggelar rapat koordinasi dengan Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) di kompleks wisata Ngebel Ponorogo, Sabtu (9/3/2024).

Melalui rilis yang diterima, rapat ini membahas berbagai kegiatan evaluasi di akhir tahun pelajaran 2023/2024, dengan fokus pada peningkatan kualitas pembelajaran dan layanan prima bagi siswa.

Rapat dihadiri oleh 6 kepala sekolah selaku Pengurus Harian MKKS SMP Kabupaten Wonogiri dan 16 guru selaku Ketua MGMP/MGBK SMP Kabupaten Wonogiri. Acara dipandu Kepala SMPN 6 Wonogiri Marseno Aji, selaku Sekretaris MKKS SMP Kabupaten Wonogiri.

Baca Juga :  Razia HP Anggota TNI AD Wonogiri dan PNS, Hasilnya?

Ketua MKKS SMP Kabupaten Wonogiri Suparno menjelaskan rapor pendidikan di Kabupaten Wonogiri mengalami peningkatan. Dia berterima kasih kepada semua Ketua MGMP/MGBK rayon yang telah menggerakkan semua guru melalui kegiatan di komunitas belajar (kombel) mata pelajaran.

“Kegiatan agar difokuskan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, sehingga bermuara pada layanan prima bagi siswa dalam menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Kegiatan daring atau luring mohon dilaksanakan oleh kombel dimulai jam 10.00 WIB, mengingat kondisi guru saat ini memiliki beban mengajar berlebih karena banyaknya guru yang memasuki masa purna tugas,” ujar Suparno.

Di akhir paparan materinya, Ketua MKKS SMP Kabupaten Wonogiri Suparno menerangkan tentang agenda pelaksanaan penilaian sumatif akhir satuan pendidikan sekaligus juga penilaian sumatif akhir tahun.

Baca Juga :  Isi Liburan Sambil Cari Uang, Sederet Ide Bisnis Menguntungkan untuk Pelajar

Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Wonogiri, Sriyono, selaku koordinator Ketua MGMP/MGBK menyampaikan beberapa materi tambahan terkait persiapan pelaksanaan Penilaian Sumatif Akhir Satuan Pendidikan (PSASP) bagi kelas 9 maupun Penilaian Sumatif Akhir Tahun (PSAT) bagi siswa kelas 7 dan 8.

“Bentuk soal penilaian tetap mengacu kepada bentuk soal pada peningkatan literasi dan numerasi siswa, yaitu pilihan ganda biasa, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan uraian. Mengenai waktu pengumpulan naskah kisi-kisi, soal, dan kunci jawaban akan disampaikan lebih detail lewat group WA,” tutur Sriyono. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com