JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Ribuan Pohon Kelengkeng di Boyolayar Sragen Berbuah Lebat, Panen Raya Tiba, Harga Cuma Puluhan Ribu!

Panen raya buah Kelengkeng di Dukuh Boyolayar, Desa Ngargosari, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah || Foto Huri Yanto
   

Panen raya kelengkeng di Boyolayar membawa berkah bagi warga. Buah kelengkeng yang berlimpah, harga yang bersahabat, dan wisata petik kelengkeng menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk berkunjung ke Desa Wisata Dukuh Boyolayar.

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Desa Wisata Dukuh Boyolayar, Desa Ngargosari, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, tengah diselimuti kegembiraan. Ribuan pohon kelengkeng milik warga berbuah lebat dan panen raya pun tiba.

Buah kelengkeng Boyolayar terkenal dengan ukurannya yang besar, rasanya yang manis, dan kesegarannya yang terjaga. Ditambah lagi, harganya terbilang bersahabat, yaitu Rp 15.000 per kilogram untuk pembeli yang mengambil sendiri dan Rp 17.000 per kilogram untuk pembeli yang ingin diantarkan.

Baca Juga :  Kronologi Kebakaran Rumah Faturohman Anggota DPRD Sragen Fraksi PKB

Panen Berlimpah, Warga Boyolayar Berkah

Panen Buah Kelengkeng di Tanah Pinggiran Waduk Kedung Ombo || Huri Yanto

Maridi, warga Boyolayar, mengungkapkan bahwa panen kelengkeng tahun ini jauh lebih bagus dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hasil panennya pun melimpah, bahkan banyak pohon kelengkeng yang patah karena tak kuat menahan beban buah.

“Alhamdulillah, panen tahun ini sangat bagus. Dari 15 pohon kelengkeng di kebun saya, selama seminggu ini sudah berhasil panen 1 ton,” ungkap Maridi.

Kelengkeng hasil panen warga Boyolayar tak hanya dinikmati di Sragen, tapi juga dipasarkan ke luar daerah seperti Boyolali, Magelang, Madiun, Purwodadi, Jakarta, dan Soloraya.

Bibit Kelengkeng Berkah dari Mantan Bupati

Warga Boyolayar Ngargosari Sumberlawang saat panen raya kelengkeng yang dulunya merupakan bantuan Pemkab semasa Bupati Untung Wiyono. Foto/Wardoyo

Menurut Maridi dan Paryanti, warga Boyolayar, bibit pohon kelengkeng yang mereka tanam berasal dari bantuan Untung Wiyono, mantan Bupati Sragen.

Baca Juga :  Jelang Pilkada Sragen 2024,  Dokter Ismail Joko Sutresno Resmi Kembalikan Formulir Pendaftaran ke DPD PAN

“Berkat bantuan Pak Untung, kami warga Boyolayar memiliki tambahan penghasilan yang luar biasa setiap tahunnya. Dulu tanah di sini tandus, tapi sekarang berkat pohon kelengkeng, kami bisa mendapatkan penghasilan tinggi,” kata Paryanti.

Wisata Petik Kelengkeng Dibuka

Panen Buah Kelengkeng di Tanah Pinggiran Waduk Kedung Ombo || Huri Yanto

Bagi pecinta kelengkeng, Desa Wisata Dukuh Boyolayar membuka kesempatan untuk wisata petik buah langsung dari pohonnya. Kesempatan ini akan berlangsung hingga Hari Raya Idul Fitri.

“Puncak panen diperkirakan sampai Hari Raya Idul Fitri. Bagi yang ingin wisata petik kelengkeng, kami persilahkan,” ujar Paryanti.

Huri Yanto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com