JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Wonogiri Peringkat Pertama Jateng dan Kedua Nasional dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah

Pantai
Pembangunan Pantai Klothok Paranggupito Wonogiri salah satunya untuk mendongkrak perekonomian masyarakat. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kabupaten Wonogiri menerima kembali penghargaan atas Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) tahun 2023.

Penghargaan ini, diberikan kepada Pemerintah Daerah yang mencapai skor dan status kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah tertinggi. Mereka terdiri dari 12 provinsi, 29 kabupaten, serta 19 kota.

Wonogiri mendapatkan skor 3,6171 dan status kinerja tinggi. Wonogiri berada di peringkat kedua dari 414 kabupaten dan menjadi peringkat pertama di Jawa Tengah.

Penghargaan ini diberikan pada acara puncak peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) XXVIII yang dipusatkan di Kota Surabaya (Kamis 25/04/2024).

Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Bupati Jekek juga menerima penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Penghargaan ini merupakan tanda kehormatan kepada kepala daerah atas prestasi kinerja dalam penyelenggaraan pemerintah daerah berdasarkan hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD) Tahun 2022 terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2021.

Baca Juga :  Bukan Pencurian Rumah Kosong Yo! Di Kedunggaleng Kedungombo Baturetno Wonogiri ini Pelaku Nyolong di Rumah yang Ada Isinya, isih Ora Percoyo?

Penerima penghargaan dinilai memiliki kontribusi besar atau kinerja sangat baik dalam penyelenggaraan pemerintah daerah dan hanya diberikan sekali dalam seumur hidup

Penghargaan diserahkan secara simbolis oleh Menteri Dalam Negeri atau Mendagri Tito Karnavian dalam upacara peringatan yang digelar di Balai Kota Surabaya bersama kepala daerah se-Indonesia yang menerima penghargaan.

Kepala daerah yang mendapatkan penghargaan itu terdiri dari satu Gubernur, enam Wali Kota dan delapan Bupati.

Mendagri Tito Karnavian menyampaikan ucapan selamat kepada kepala daerah yang menerima penghargaan dari Presiden. Dia mewakili penyerahan penghargaan tersebut.

“Sesuai dengan prinsip reward dan punishment dan menciptakan iklim kompetitif antar semua kepala daerah, saya berharap semoga pemberian penghargaan ini dapat betul-betul berkompetisi secara positif,” kata Mendagri Tito Karnavian.

Baca Juga :  Pencarian Sumber Air di Nguntoronadi Wonogiri, Berhasilkah?

Mendagri Tito Karnavian mengatakan dengan semangat Otoda saat ini pemerintah daerah dituntut untuk terus memiliki kemampuan untuk mengembangkan berbagai potensi yang dimilikinya.

Pengembangan potensi lokal ini sebagai upaya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Penghargaan itu menurut Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Bupati Jekek adalah wujud apresiasi bagi Pemkab Wonogiri. Di lain sisi juga wujud evaluasi atas kinerja. Ini memotivasi dia dan seluruh jajarannya untuk mempertahankan capaian kinerja.

Targetnya, Wonogiri menjadi makin baik ke depannya. Capaian yang sudah diraih dipertahankan. Target optimumnya adalah sinergitas ditingkatkan. Pola partisipasi publik dibuka seluas-luasnya. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com