JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Edan! Jumlah Pengangguran Wonogiri Tembus 14 Ribu Orang

Pengangguran
Pembukaan job fair Wonogiri 2024. Istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Saat ini jumlah pengangguran Wonogiri sudah tembus di angka 14 ribu orang. Lantas apa saja kebijakan yang diambil untuk menguranginya?

Informasi yang dihimpun dari Pemkab Wonogiri, hingga kini jumlah pengangguran Wonogiri mencapai 14 ribu orang. Jumlah ini masih besar kemungkinan bakal meledak

Mengingat sebentar lagi adalah masa panen lulusan SMA/SMK sederajat. Jamak diketahui pada masa panen ini banyak lulusan yang tidak bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi maupun bekerja. Tidak sedikit yang kemudian terpaksa menganggur.

Sementara berdasarkan rilis dari bps Wonogiri, jumlah pengangguran Wonogiri mencapai 17.330 orang.

Pertanyaannya dengan jumlah pengangguran Wonogiri sebesar itu, apa program pemerintah yang sudah dikerjakan?

Baca Juga :  Cek Penyakit Hewan Kurban, Pasar Sapi Purwantoro Wonogiri Digeruduk Petugas dan Aparat

Ternyata dan ternyata dengan menggelar job fair 2024 di aula Mall Pelayanan Publik atau MPP Nyawiji Wonogiri, Pemkab berharap banyaknya angka pengangguran tersebut bisa berkurang lantaran semakin banyak yang tersalurkan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian alias Kepala Disnakerin Wonogiri Wiyanto mengungkapkan, event job fair Wonogiri tahun ini diikuti 34 perusahaan yang ada di daerah itu.

“Selama dua hari ini (job fair) kita adakan sampai besuk pagi ada sekitar 4.761 lowongan kerja yang kita tawarkan kepada kalangan pencari kerja,” ujar Wiyanto menjawab wartawan usai pembukaan job fair Wonogiri 2024.

Menurut Wiyanto, event pembukaan bursa kerja ini berlangsung atas kerjasama Pemkab Wonogiri dengan kalangan perusahaan swasta dan sejumlah SMA/SMK di Wonogiri yang selama ini memiliki program bursa kerja khusus atau BKK.

Baca Juga :  Lapangan Kridha Buana Jatipurno Wonogiri Jadi Saksi Ribuan Warga LDII Wujudkan Ketakwaan dan Kepedulian Sosial

“Kegiatan ini sebagai sikap aktif kita bersamaan dengan event kelulusan anak sekolah SMA/SMK di Wonogiri tahun ini,” ujar Wiyanto.

Informasi yang dihimpun, job fair Wonogiri 2024 dilaksanakan Selasa-Rabu (28-29/5/2024).

Paling tidak sudah ada 34 perusahaan yang membuka lowongan kerja di job fair Wonogiri 2024. Puluhan perusahaan peserta job fair tak hanya berdomisili di Wonogiri. Melainkan juga perusahaan nasional. Perinciannya untuk lokal ada 10 perusahaan. 20 lainnya nasional. Ada perusahaan garmen, finansial, otomotif, konstruksi hingga kesehatan. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com