JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

50 Juru Sembelih Halal di Gunungkidul Jalani Pelatihan Jelang Idul Adha

Foto ilustrasi sapi kurban. Menjelang Idul Adha ini, 50 juru sembelih halal di Gunungkidul jalani pelatihan | Foto: Waskita
   

GUNUNGKIDUL, JOGLOSEMARNEWS. COM –  Meski sudah menjadi pekerjaannya, namun 50 orang juru sembelih halal di Kabupaten Gunungkidul  mendapatkan pelatihan untuk persiapan pelaksanaan Idul Adha mendatang.

Untuk catatan, puluhan juru sembelih halal itu  merupakan takmir masjid perwakilan dari seluruh kapanewon di Kabupaten Gunungkidul .

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Gunungkidul , Wibawanti Wulandari mengatakan, pelatihan itu bertujuan agar bisa menambah pengetahuan tentang penyembelihan hewan termasuk hewan qurban yang memenuhi syariat dan dapat dipraktikkan di wilayah masing-masing.

“Karena di sini tidak ada rumah potong hewan (RPH) jadi pemotongan hewan kurban dilakukan mandiri oleh warga. Sehingga, dengan pelatihan ini diharapkan masyarakat tetap mendapatkan daging kurban yang bersih dan halal, sesuai syariat,” ujarnya pada Minggu (9/6/2024).

Baca Juga :  Nekat Melawan Arus Jalan Malioboro,  5 Pemotor Ini Kena Batunya

Kegiatan itu  juga berdasarkan Undang-undang Nomor 18 tahun 2009 jo Undang Undang No 41 tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Pemerintah mempunyai tanggung jawab dan kewajiban untuk menjamin kesehatan dan ketentraman batin masyarakat dalam mengkonsumsi daging melalui penyediaan daging yang ASUH (Aman Sehat Utuh dan Halal).

Dia menjelaskan, pelatihan yang didapatkan mulai dari cara mengasah bilah pisau yang digunakan untuk menyembelih, teknik membanting sapi hingga teknik mengikat sapi untuk memudahkan kerja juru sembelih.

“Peran Juru Sembelih Halal menjadi sangat penting. Sebab, proses penyembelihan ini menjadi titik kriitis untuk menentukan apakah daging yang dihasilkan dari penyembelihan menjadi halal atau tidak,” tuturnya.

Baca Juga :  Dirlantas Polda DIY Tegur Anak Seorang ASN yang Ngeyel Pakai Mobil Dinas

Selain menyiapkan juru sembelih halal, pihaknya juga akan menerjunkan ratusan tim pengawasan dan pemantauan pemotongan hewan kurban pada hari-H.

Hal itu  guna memastikan panitia kurban melakukan pemotongan hewan kurban sesuai aturannya.

“Nantinya dari setiap UPT Puskeswan akan berkeliling ke setiap titik yang melaksanakan kurban. Sebelum hari-H, mereka juga akan memeriksa kesehatan hewan kurban, jika saat diperiksa tidak sehat, kami sarankan agar tidak dipotong terlebih dahulu.Tetapi kita tetap  berharap ternak-ternak diperiksa sehat dan penyembelihan juga sehat,” urainya.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com