JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Keseruan Mahasiswa Asing UMS Ikuti Summer Camp Unmuh Jember

Mahasiswa asing Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengikuti program "E.D.G.E Summer Camp 2024" yang diadakan oleh Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember), selama tiga hari, Selasa-Kamis 28-30 Mei 2024. Humas UMS
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Mahasiswa asing Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengikuti program “E.D.G.E Summer Camp 2024” yang diadakan oleh Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember), selama tiga hari, Selasa-Kamis 28-30 Mei 2024.

Selama mereka mengikuti kegiatan kegiatan tersebut ada berbagai cerita menarik. Mahasiswa asing UMS asal Myanmar, Yoon Eindray salah satu mahasiswa yang mengikuti program Summer Camp mengatakan alasannya mengikuti program ini adalah karena rasa ingin tahu untuk berkeliling Jember dan mengetahui budayanya.

“Menurut saya, perjalanan ini lebih dari sekadar perjalanan karena ini akan menjadi konsep pembelajaran dan pola pikir berkembang sambil mengeksplorasi keberagaman,” ujar Yoon Eindray Sabtu, (1/6/2024).

Dia juga berharap agar tur fakultas ini dapat menjadi salah satu cara yang efisien untuk menimba ilmu. Selain itu, dia juga menanti-nanti untuk Jember Fashion Carnaval, sebuah acara penting di Jember, Indonesia.

Baca Juga :  Ferry Septha Indrianto, Ketua Kadin Solo Bertemu Gusti Bhre Bahas Aglomerasi Soloraya

Kepala Biro Kerjasama dan Urusan Internasional (BKUI) UMS, Andy Dwi Bayu Bawono, Ph.D., mengatakan bahwa kegiatan seperti ini memang ditujukan untuk pertukaran budaya.

“Tujuannya satu memang untuk pertukaran budaya biar kemudian mungkin mahasiswa asing itu bisa mengetahui bagaimana budaya. Karena Jember dan Solo kan berbeda. Ke dua, memang Jember memiliki inisiasi untuk mengembangkan jumlah mahasiswa asingnya,” tutur Andy dilansir dari rilis yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM .

Sehingga dengan mengundang mahasiswa asing dari UMS ini akan dapat mengetahui bagaimana pengelolaan mahasiswa asing dari UMS.

Mahasiswa UMS yang mengikuti program Summer Camp ini mengikuti beberapa agenda di antaranya adalah mengunjungi Rumah Sakit Unmuh Jember, berkeliling ke berbagai fakultas, melihat festival Jember Fashion Carnaval, juga berlibur ke pantai.

Baca Juga :  Datang Kenakan Beskap Hitam Presiden Jokowi Jadi Saksi Pernikahan Keponakannya Adityo Rimbo dengan Putri Mantan Ketua Golkar Solo

“Rumah sakit Unmuh Jember sudah bagus dan terbilang megah, kemudian mereka diajak berkeliling ke semua fakultas untuk mengenal kurikulum dan prodi-prodi yang ada di Unmuh Jember. Mahasiswa asing UMS juga diajak city tour yang dimana Jember itu terkenal dengan Fashion Carnival. Selain itu mereka juga diajak mengenal produk-produk kota Jember,” jelasnya.

Selain itu, UMS sendiri juga memiliki program yang serupa untuk melakukan pertukaran budaya, yaitu International Cultural and Academic Competition (ICAC), yang dapat diikuti oleh mahasiswa lokal dan mahasiswa asing dari berbagai perguruan tinggi. Wans

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com