JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Dirjen Aptika Semuel Abrijani Mundur karena Kasus Peretasan, Kapan Budi Arie Menyusul?

Ketua DPR RI Puan Maharani saat diwawancarai pewarta di Jakarta | tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM –  Sikap gentleman dan ksatria ditunjukkan oleh Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika atau Dirjen Aptika Kementerian Komunikasi dan Informatika,  Semuel Abrijani Pangerapan.

Dia menyatakan resmi mundur dari jabatannya sebagai buntut munculnya kasus peretasan yang terjadi terhadap Pusat Data Nasional Sementara (PDNS).

Sikap Semuel Abrijani itu pun mendapatkan apresiasi dari Ketua DPR RI, Puan Maharani. Menurut Puan, pihak-pihak yang bertanggung jawab atas bobolnya keamanan PDNS memang sudah seharusnya mawas diri.

“Jadi secara konkrit dievaluasi kemudian tindak lanjutnya seperti apa, pihak-pihak yang kemudian merasa lalai atau kemudian bertanggung jawab ya sebaiknya bisa mengevaluasi diri,” kata Puan di kompleks parlemen Senayan, Jakarta pada Kamis (4/7/2024).

Jika Dirjen saja berani dan sadar diri untuk mundur dari jabatannya, kapan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi berani dan mau menyusul sikap gentleman bawahannya tersebut?

Baca Juga :  PDIP Melunak Soal Kaesang, Pengamat: Indikasi Kecapaian Melawan Jokowi

Mengenai hal itu, Puan pun mendorong agar Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie juga ikut dievaluasi.

“Menteri itu merupakan orang yang membantu presiden jadi ya selama dalam menjalankan tugasnya tidak bisa maksimal ya mungkin bisa dievaluasi oleh presiden,” ucap politikus PDIP itu.

Puan mengatakan sebelumnya DPR sudah pernah membahas masalah peretasan tersebut dalam rapat Komisi I yang membidangi komunikasi. Dalam rapat yang juga dihadiri Budi Arie dan Kepala Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN) Hinsa Siburian itu, DPR menilai peretasan memang tidak seharusnya terjadi.

 

Adapun Semuel Abrijani Pangerapan sebelumnya mengumumkan pengunduran diri dari posisi Dirjen Aptika Kominfo pada Kamis, 4 Juli 2024. Pengunduran diri itu dilakukan imbas PDNS diretas hacker.

Baca Juga :  Pertamina dan Politeknik Negeri Cilacap Bawa Energi Bersih lewat Desa Energi Berdikari Sobat Bumi

“Saya menyatakan bahwa per tanggal 1 Juli kemarin saya sudah mengajukan surat pengunduran diri secara tertulis dan suratnya sudah saya serahkan kemarin kepada Menteri Kominfo. Terima kasih atas kerja samanya selama ini,” kata Semuel di kantor Kementerian Kominfo pada Kamis (4/7/2024).

Semuel telah bekerja sebagai Dirjen Aptika selama 8 tahun. Dia meminta maaf karena PDNS diretas. “Saya mohon maaf apabila ada kesalahan dan perkataan saya yang kurang berkenan. Demikian saya sampaikan Indonesia terkoneksi makin digital. Makin maju,” ucapnya.

Semuel mengundurkan diri karena punya tanggung jawab moral sebagai direktur. Dia berharap kasus tersebut bisa dia selesaikan. “Harusnya selesai di saya karena ini adalah masalah yang harusnya saya tangani dengan baik. Itu alasan utamanya,” ujarnya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com